Breaking News:

Dampak Relaksasi PPnBM, Anzon Toyota Akui Peningkatan Penjualan Namun Terkendala Suplai

Hanya saja yang jadi masalah pemesanan tinggi tidak diimbangi dengan suplai. Artinya untuk produksi itu bisa memerlukan waktu 3 bulan.

TRIBUN PONTIANAK/NINA SORAYA
Suasana di Anzon Toyota Pontianak yang memajang beberapa jenis kendaraan seperti Innova pada Kamis 22 April 2021. Untuk Toyota Kijang Innova resmi mendapatkan diskon PPnBM 50% per 1 April 2021. Sementara relaksasi PPnBM 100 persen yang ditanggung pemerintah untuk mobil baru Toyota yaitu Yaris, Vios, Avanza, Rush, Sienta. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) nol persen yang berlaku sejak awal Maret 2021 kemarin, memberikan dampak begitu signifikan terhadap penjualan unit Toyota di Anzon Toyota.

Dirut Anzon Toyota Drs LT Susanto membenarkan dampak relaksasi PPnBM memang meningkatkan penjualan yang mulai terasa pada Maret 2021 lalu.

Berkah Pelanggan Anzon Toyota Peroleh Undian Sepeda Motor

“Kenaikan di atas 100 persen. Misalnya begini, biasanya kita jual 100 unit maka bisa menjual lebih dari 100 malah 200,” ungkapnya saat ditemui tribunpontianak.co.id, Kamis 22 April 2021.

Hanya saja yang jadi masalah pemesanan tinggi tidak diimbangi dengan suplai. Artinya untuk produksi itu bisa memerlukan waktu 3 bulan.

“Jadi konsumen pesan sekarang, barangnya baru ready 3 bulan mendatang,” ujarnya.

Dirut Anzon Toyota Drs LT Susanto.
Dirut Anzon Toyota Drs LT Susanto. (TRIBUN PONTIANAK/NINA SORAYA)

Skema PPnBM nol persen yang digunakan adalah skema ditanggung pemerintah (DTP). Dengan ditetapkannya PPnBM nol persen untuk mobil, artinya pajak ditanggung pemerintah.

Daftar Mobil Bebas PPnBM 2021 ! Harga Mobil Baru Bisa Murah , Cek Daftar Mobil Penerima Insentif

Apabila pajak ini dihilangkan atau menjadi nol persen, artinya harga mobil yang ada di pasaran akan turun.

Berdasarkan laporan ada beberapa model mobil Toyota yang yang mendapatkan relaksasi PPnBM Nol Persen, yaitu Yaris, Vios, Avanza, Rush, Sienta.

“Yang paling laku itu Rush, Avanza, termasuk juga Yaris. Bahkan Sienta yang kurang diminati saja sekarang malah laku,” katanya.

Susanto menjelaskan kebijakan ini sangat baik, hanya saja pabrik dalam memenuhi permintaan juga punya kapasitas.

TOYOTA New Yaris Resmi Meluncur di Indonesia, Langsung Diskon! | Radius Putaran Dibuat Lebih Pendek

Halaman
12
Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved