DAD Singkawang Rencanakan Tradisi Naik Dango 2021 Fokus Ritual Adat

Tradisi Naik Dango, lanjut Stepanus, merupakan bagian dari salah satu ritual yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Jubata (Tuhan) yang te

Penulis: Rizki Kurnia | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Proses Nyangahant atau baca doa yang diikuti Ketua Dewan Adat Dayak Singkawang, Stepanus dan anggota DAD Singkawang lainnya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Ketua Dewan Adat Dayak Singkawang, Stepanus menerangkan, pergelaran Tradisi Naik Dango pada tahun ini akan difokuskan dengan menggelar ritual adat naik dango saja.

Hal tersebut, dia sampaikan, mengingat keadaan dan situasi 'New Normal' serta perkembangan pandemi Covid-19 dan aturan di Kota Singkawang.

"Memang agak sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bahwa di laksanakan kegiatan gawai dayak yang menyajikan perlombaan-perlombaan serta penampilan hiburan yang memakan waktu bisa sampai satu minggu, tahun ini kita akan menggelar Ritual Adat Naik Dango," tutur Stepanus kepada wartawan, Senin 19 April 2021.

Tradisi Naik Dango, lanjut Stepanus, merupakan bagian dari salah satu ritual yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Jubata (Tuhan) yang telah memberikan hasil yang melimpah pada usaha pertanian yang dilakukan.

Baca juga: Kossants Bersama Wakil Wali Kota Singkawang Bagikan 250 Kotak Makanan Berbuka Puasa

"Ritual Naik Dango menyangkut sistem religi yang merupakan bagian dari unsur-unsur adat dan kebudayaan masyarakat dayak itu sendiri," katanya.

Nilai religius yang terkandung dalam tradisi Naik Dango tersebut, dia jelaskan, menggambarkan bagaimana masyarakat Dayak mengungkapkan rasa syukur dengan cara menggelar ritual adat naik dango.

"Kami dari Dewan Adat Dayak (DAD) Singkawang telah membentuk panitia Ritual Adat Naik Dango 2021 berdasarkan hasil rapat pengurus, yang di ketuai oleh Yulius Yoris Anes," tukasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved