Breaking News:

Lakukan Kebaikan di Bulan Puasa Bisa Dapatkan Ratusan Kali Lipat Balasan Dari Allah SWT

Pimpinan Yayasan Darul Ihsan Kota Pontianak, Ustaz Nasrulloh, Lc mengatakan jika melakukan kebaikan di bulan puasa atau ramadan maka kita akan mendapa

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pimpinan Yayasan Darul Ihsan Kota Pontianak, Ustaz Nasrulloh, Lc 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pimpinan Yayasan Darul Ihsan Kota Pontianak, Ustaz Nasrulloh, Lc mengatakan jika melakukan kebaikan di bulan puasa atau ramadan maka kita akan mendapatkan 10 hingga 700 kali lipat kebaikan dari Allah SWT.

Berikut penuturannya.

Janganlah kita sia-siakan puasa kita dengan hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja, marilah kita menjauhi segala hal yang bisa mengurangi kesempurnaan pahala puasa kita, sesungguhnya sangat rugi orang yang melewatkan ganjaran begitu melimpah dari ibadah puasa yang dilakukan.

Seberapa besarkah pahala yang melimpah tersebut? Perlu kita perhatian hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah ra Rasulullah SAW bersabda yang artinya ialah setiap amal kebaikan anak adam akan dilipat gandakan menjadi 10 hingga 700 kali lipat dari kebaikan yang semisal.

Baca juga: Kapolres Mempawah Berikan Tali Asih Bagi Masyarakat Kurang Mampu di Jungkat

Allah 'azza wa jalla berfirman yang artinya, kecuali puasa, amalan tersebut adalah untukku, dan aku sendiri yang akan membalasnya karena dia telah meninggalkan syahwat dan makanannya demi aku. Hadits riwayat Imam Muslim.

Amalan lain selain puasa akan diganjar 10 hingga 100 kali lipat, namun kalau kita lihat amalan puasa khusus untuk amalan itu Allah sendiri yang akan membalasnya.

Lalu sebesar apa balasan untuk amalan puasa? Juga dijelaskan oleh Ibnu Rajab, hadits mengenai pengecualian puasa dan amalan yang dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan hingga 700 kebaikan yang semisal.

Khusus puasa tidak terbatas lipatan ganjaran dalam bilangan-bilangan tadi, bahkan Allah 'azza wa jalla akan melipatgandakan pahala orang yang berpuasa hingga bilangan tak terhingga.

Hal ini karena puasa dianggap mirip dengan sabar, mengenai ganjaran sabar, Allah SWT berfirman yang artinya sesungguhnya hanya orang bersabar yang dibalas dengan pahala tanpa batas. Al-Quran Surah Az-Zumar ayat yang ke-10.

Maka bulan ramadan juga dinamakan bulan sabar, juga dalam hadits lain nabi Rasulullah SAW bersabda berpuasa setengah dari kesabaran. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved