Breaking News:

Resmikan Masjid At-Taqwa, Wagub Ria Norsan Ceritakan Sejarah Berdirinya Masjid At-Taqwa

"Sejarahnya dulu adalah Surau At-Taqwa yang letaknya di tepian Sungai Mempawah, tak jauh dari dari Asrama Kodim 1201 Mempawah," jelasnya, Senin 12 Apr

Penulis: Ramadhan | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Bupati Mempawah, Hj Erlina, dampingi Wakil Gubernur Kalbar, H Ria Norsan meresmikan Masjid At-Taqwa, di Kelurahan Tengah, Mempawah Hilir, Minggu 11 April 2021.

Peresmian tersebut juga turut dihadiri pengurus yayasan Masjid At-Taqwa, Forkopimda, para Asisten, Kepala OPD, Camat, tokoh agama, dan masyarakat.

Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, menjelaskan, sejarah masjid At-Taqwa, yang dulunya merupakan Surau At-Taqwa.

"Sejarahnya dulu adalah Surau At-Taqwa yang letaknya di tepian Sungai Mempawah, tak jauh dari dari Asrama Kodim 1201 Mempawah," jelasnya, Senin 12 April 2021.

Kemudian kata Ria Norsan, pada tahun 1995 dibangun surau yang kecil dibesarkan menjadi Masjid At-Taqwa.

"Jadi sekitar tahun 1995/1996 ada seorang Dandim bernama Zulkarnain Pane berkeinginan agar surau dibesarkan menjadi Masjid. Akhirnya pihak Kodim bersama masyarakat bersama-sama membangun Masjid At-Taqwa yang letaknya di tepian jalan raya seperti yang kita lihat saat ini," ungkapnya.

Baca juga: Masjid At-Taqwa Diresmikan, Rudi: Kado Istimewa Menjelang Ramadan

Ria Norsan lantas mengungkapkan, upaya membangun baru Masjid At-Taqwa sudah lama direncanakan oleh yayasan, takmir dan jamaah di Kelurahan Tengah ini. Terlebih, kawasan itu dijadikan taman, dan Asrama Kodim 1201/Mph kemudian dipindahkan ke lokasi lain.

“Saat itu saya katakan kepada yayasan dan takmir masjid, agar tidak merenovasi masjid di lokasi itu. Saya akan carikan lokasi baru yang lebih bagus,” ungkapnya.

Nah, atas prakarsa salah seorang tokoh masyarakat dan tokoh budaya Kabupaten Mempawah, yakni Bapak HM Zaini, atau akrab disapa Tok Jai, disepakati pembangunan baru Masjid At-Taqwa dilaksanakan di depan masjid yang lama, yakni di tanah kosong samping Kantor Dinas PUPR sekarang ini.

“Setelah itu, proses pembangunan baru Masjid At-Taqwa pun dimulai. Untuk dana pembiayaannya, tidak akan menganggu dana kas masjid. Sebab ada donatur yang akan membiayai seluruh proses pembangunannya,” kata Ria Norsan.

Dalam tahapan pembangunan Masjid At-Taqwa ini, sang desainer adalah Muhammad Ridho. Ia juga yang mendesain bangunan baru Masjid Agung Al-Falah Mempawah.

Sementara koordinator lapangan, dipercayakan kepada Hamdani, dibantu pelaksana lapangan adalah Ishak Widianto.

“Dan yang membuat saya bangga, dalam pembangunan Masjid Agung Al-Fallah dan Masjid At-Taqwa ini, baik konsultan, pengawas lapangan, dan juga koordinator, tidak mengambil keuntungan komersial. Melainkan sebagai usaha mereka untuk mencari amal dan keridhoan Allah SWT,” ujarnya.

Ria Norsan juga mengatakan, agar keberadaan Masjid At-Taqwa lebih sempurna, maka dalam waktu dekat, pagar dan halaman akan turut dilanjutkan pengerjaannya.

“Terima kasih kepada Yayasan Masjid At-Taqwa, takmir, jamaah dan semua pihak yang telah membantu proses pembangunan baru hingga kini dapat diresmikan. Mari kita makmurkan, Insya Allah akan diberikan keberkahan dunia akhirat,” pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved