Breaking News:

Karang Taruna Desa Nibung Apresiasi PKM Mahasiswa Poltesa

"Dan kami juga mendapat ilmu, juga bisa membantu terlibat langsung dalam pengabdian kepada masyarakat tersebut," ungkapnya.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Foto bersama mahasiswa Politeknik Negeri Sambas, sesudah pelaksanaan PKM di Kecamatan Paloh. (Istimewa/Idrus) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Himpunan Mahasiswa Jurusan Agrobisnis (HIMAJA) Politeknik Negeri Sambas (Poltesa) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Desa Nibung, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Ketua Karang Taruna Desa Nibung, Kecamatan Paloh Wahyudi mengatakan jika mereka mengapresiasi kegiatan PKM mahasiswa Poltesa.

"Dengan di adakanya PKM Himaja ini kami sangat apresiasi dan berterimakasih karena telah melibatkan anggota kami langsung," katanya, Kamis 8 April 2021.

Dia ungkapkan, jika mereka selain mendapatkan wawasan baru, mereka juga bisa turun lansung ikut pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: Hima Poltesa Adakan PKM Di Kecamatan Paloh

"Dan kami juga mendapat ilmu, juga bisa membantu terlibat langsung dalam pengabdian kepada masyarakat tersebut," ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator kegiatan PKM Mahasiswa Poltesa, Anggi mengatakan Himaja ini sendiri terdiri dari empat program studi (Prodi). Mulai dari prodi Agrobisnis, Perikanan, Pangan, dan Pariwisata. Dimana masing-masing prodi tersebut masing-masing dengan bidangnya, memberikan pelatihan, praktik dan edukasi kepada masyarakat.

"Prodi agrobisnis melakukan sosialisasi dan praktik langsung pembuatan pupuk kompos. Selain itu, juga menanam buah kelengkeng di bibir bukit liteng," katanya.

"Sedangkan prodi perikanan membuat 1 kolam ikan sekaligus memberikan edukasi cara pengelolaan air sebelum tebar benih, pembibitan ikan dan pemberian pakan yang benar," sambungnya.

Sedangkan dua prodi lainnya yaitu Prodi pangan melakukan praktik langsung membuat abon dari jantung pisang dan saos dari tomat di laksanakan juga dengan melibatkan anggota PKK Desa nibung.

Adapun Prodi pariwisata yang di bantu oleh WWF membuat spot poto menarik dan memebuat tong sampah di sepanjang bibir pantai. guna menarik pengunjung dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Harapannya dengan kegiatan ini kami berharap masyarakat dapat menyerap ilmu dan mengaplikasikannya sendiri. Setelah itu kami juga akan selalu memonitoring atau memantau masyarakat di sana," tutupnya. (*)

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved