Breaking News:

Sudah Daftar Online, KTP Tidak Bisa Dicetak, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Terkait kendala KTP elektronik tidak bisa dicetak. Ada beberapa kendala diantaranya, perbedaan data, data ganda dan data belum terupdate, karena perub

ISTIMEWA
Ilustrasi E-KTP. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Halo Bun, mohon informasinya. Saya sudah daftar online untuk pencetakan KTP elektronik di capil, karena pindah dari luar kota dan ke kota Pontianak. Tapi ketika mau cetak KTP di capil, katanya enggak bisa dicetak dengan alasan ada data yang berbeda. Mohon informasinya, karena saya sudah mengurus mulai dari RT hingga ke kecamatan.

Terima kasih

08956671xxxx

Halo, terima kasih atas pertanyaan yang sudah diberikan kepada kami.

Terkait kendala KTP elektronik tidak bisa dicetak. Ada beberapa kendala diantaranya, perbedaan data, data ganda dan data belum terupdate, karena perubahan data baru dari Kabupaten lain ke Kota Pontianak.

Jika data dari luar Kota Pontianak ingin pindah ke Kota Pontianak dan ingin mencetak KTP di Pontianak terkadang tidak langsung terbaca secara real time, karena pemrosesan itu juga dilakukan oleh pemerintah pusat.

Baca juga: Bagaimana Cara Urus KTP Hilang atau Rusak ? Cek Syarat Mengurus E-KTP Rusak atau Hilang !

Jadi untuk perpindahan data harus daftar dua kali di online, pertama daftar online untuk pindah data. Kemudian yang kedua daftar online untuk mencetak e-KTP yang bisa memilih waktu.

Jika nama pendaftar di online masih anggota dalam satu Kartu Keluarga (KK), berarti masih bisa melakukan pencetakan KTP. Tetapi jika yang pendaftar untuk pencetakan KTP berbeda KK, maka tidak bisa untuk melakukan pencetakan KTP karena dikhawatirkan ada orang ketiga.

Sebagaimana sistem online yang kita laksanakan tujuannya untuk meminimalisir dokumen yang dilakukan perbaikan di capil.

Jika memang masih saja belum bisa mencetak KTP. Silahkan datang ke Dukcapil di Jalan Sutoyo Pontianak dengan membawa KTP dan KK asal.

Dini Eka Wahyuni

Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak). (*)

Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved