Breaking News:

Eks Kader PAN di Kalbar ke Partai Ummat, Persiapkan Diri Deklarasi di Bulan Ramadhan

Ncek menjelaskan, jika di kepengurusan Partai Ummat ini ada eks kader PAN juga arahan dari Amien Rais agar diisi setidaknya 30 persen.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
PIC Partai Ummat di Kalbar, Muhammad Farid Riza. IST 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak lima eks kader PAN di Kalbar memutuskan bergabung ke Partai Ummat yang menjadi partai bentukan Amien Rais.

Dari kelima eks kader itu, satu diantaranya ialah Muhammad Farid Riza yang kemudian ditunjuk menjadi PIC Partai Ummat.

Ncek, sapaan akrabnya Muhammad Farid Riza pun memaparkan jika Partai Ummat di Kalbar telah membentuk Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat (TP3U) di Kalbar.

TP3U yang terdiri dari 12 orang itu, dikatakannya telah terbentuk ditingkat Provinsi yang diketuai Deni Amiruddin, Sekretarisnya Hidayat Nawawi.

Baca juga: Eks Kader Gabung ke Partai Ummat, PAN Kalbar Santai

Sementara untuk di Kabupaten Kota, dijelaskannya sudah ada tiga daerah terbentuk dan menyusul lima daerah lainnya sebelum pelaksanaan deklarasi yang direncanakan pada pertengahan bulan ramadan.

"Alhamdulillah perkembangannya untuk TP3U di Kabupaten Kota di Kalbar, kita sudah sampai pada proses yang Alhamdulillah baik. Sudah ada tiga TP3U, yakni di Kota Pontianak, Kota Singkawang, dan Kabupaten Melawi. Sementara untuk Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang dalam proses. Begitu juga dengan Bengkayang dan Sambas," katanya, Senin 5 April 2021 kepada Tribun.

"Kita targetkan sebelum tanggal sebelum 29 April atau 17 Ramadan kita sudah punya 8 TP3U di Kalbar," jelasnya.

Ncek menjelaskan, jika di kepengurusan Partai Ummat ini ada eks kader PAN juga arahan dari Amien Rais agar diisi setidaknya 30 persen.

"Memang ada kawan-kawan yang dulunya pengurus PAN, sekarang sudah hijrah ke Partai Ummat, Insyallah. Ada lima orang. Selebihnya orang luar, kita perlu pemikiran baru," bebernya.

Ia pun berharap, bergabungnya eks kader PAN termasuk dia ke Partai Ummat tidak menjadi problem.

"Kita saling menghormati dan saya pikir kawan-kawan PAN di Kalbar sudah dewasa, keputusan politik hak setiap warga negara," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika deklarasi Partai Ummat nantinya dipusatkan disalah satu kota, antara Jakarta atau di Yogyakarta.

TP3U di 34 Provinsi, lanjut Ncek, cukup mengikuti deklarasi tersebut didaerahnya masing-masing melalui virtual ataupun online.

Ia berharap dengan deklarasi ini nantinya Partai Ummat dapat diterima Pemerintah dan sah menjadi sebuah partai politik.

"Target khususnya kita diterima, disahkan, di SK oleh Kemenkumham menjadi sebuah partai politik. Setelah itu baru kita akan melakukan kongres atau munas pertama untuk memilih ketua umum dan jajarannya, setelah itu baru di wilayah Kalbar dan seluruh Kabupaten Kota," pungkasnya. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved