Breaking News:

Inovasi di Tengah Pandemi, Polisi di Melawi Ternak Ayam Petelur dan Kembangkan Madu Kelulut

Ia mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan suatu bentuk partisipasi polri dalam rangka memelihara ketahanan pangan, sehingga dengan hal ini dida

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Upaya Polri dalam memutus mata rantai Covid-19 tak lepas dari peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyebaran wabah tersebut. Mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 dan upaya mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan, Polri melakukan inovasi – inovasi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MELAWI - Upaya Polri dalam memutus mata rantai Covid-19 tak lepas dari peran Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang menjadi garda terdepan dalam pencegahan penyebaran wabah tersebut. Mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 dan upaya mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan, Polri melakukan inovasi – inovasi.

Hal itu dilakukan dengan cara melakukan mengembangkan usaha beternak ayam petelur dan ternak madu kelulut. Usaha ini dikembangkan oleh Bripka Dirhamsyah Personil Polres Melawi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Nanga Pinoh di Desa Kelakik Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilakukan merupakan suatu bentuk partisipasi polri dalam rangka memelihara ketahanan pangan, sehingga dengan hal ini didapat memenuhi kebutuhan telur ayam di Kecamatan Nanga Pinoh.

"Ini merupakan salah satu bukti kerja nyata yang dilakukan anggota Polri untuk memenuhi kebutuhan telur di tengah-tengah masyarakat, Lahan yang ada harus dimanfaatkan untuk dikembangkan. Karena ini sangat bermanfaat dan ini bisa memberikan dampak nilai ekonomis” Ucap Dirhamsyah saat ditemui di Kediamanya, Kamis 25 Maret 2021.

Baca juga: Perkuat Sinergisitas TNI dan Polri, Kapolres Melawi Sambangi Koramil Nanga Pinoh

Menurut dia awalnya beternak ayam petelur dan madu kelulut adalah untuk menginspirasi masyarakat supaya bisa menambah pemasukan keuangan dengan memanfaatkan lahan yang kecil.

“Awalnya saya hanya coba-coba untuk menginspirasi masyarakat dimasa pandemi Covid 19 ini. Untuk memmanfaatkan lahan pekarangan rumah supaya bisa menghasilkan dan untuk menambah pemasukan keuangan”

“Hingga saat ini saya memelihara seratus lima puluh ekor ayam petelur dan hasilnya cukup untuk menambah gaji bulanan. Dari seratus lima puluh ekor yang saya ternak bisa menghasilkan keuntungan seratus sampai seratus lima puluh ribu perhari”

“Untuk Madu kelulut, saya baru mulai ternak. Ada tujuh sarang yang saya ternak dan sudah ada dua sarang yang menghasilkan madu. Sementara untuk hasilnya masih untuk konsumsi sendiri”

“Untuk desa binaan saya, Dusun Sebaju Desa Kebebu sudah ada menghasilkan madu kelulut untuk diperjual belikan. sementara sarang kelulut yang sudah ada di Dusun Sebaju ada 300 lebih sarang”

Kapolres Melawi AKBP Sigit Elianto Nurharjanto, S.I.K melalui Paur Humas Polres Melawi Bripka Arbain menyampaikan Bhabinkamtibmas harus bisa menjadi contoh dan tauladan untuk masyaraklat di desa binaannya. dan bisa melakukan inovasi demi kemajuan Desa Binaannya.

“Anggota Bhabinkamtibmas melakukan inovasi untuk memberikan contoh kepada warga binaannya, Kami berharap inovasi yang dilakukan Bripka Dirhamsyah bisa menjadi inspirasi bagi personil lainnya untuk terus berbuat, berinovasi membangun ketahanan pangan di masing-masing desa binaanya. Sehingga bisa lebih bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat," katanya. (*)

Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved