Breaking News:

Pemkab Kubu Raya Gelar Vaksinasi Massal, Ribuan Warga Kubu Raya Terima Vaksin Sinovac

Sesuai dalam kategori penerima prioritas penyuntikan vaksinasi tahap kedua inipun menyasar kepada Guru, Pejabat Daerah, Sekretariat Daerah kubu Raya,

Penulis: Muzammilul Abrori | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pemerintah Kabupaten Kubu Raya saat menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal di Kantor Bupati Kubu Raya, yang berlangsung selama tiga hari mulai dari 2 Maret 2021 hingga 4 Maret 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBURAYA - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal, yang berlangsung selama tiga hari mulai dari 2 Maret 2021 hingga 4 Maret 2021.

Bertempat di Kantor Bupati Kubu Raya, vaksinasi inipun menyasar kepada 3.451 orang sebagai penerima suntikan pertama vaksin sinovac pada tahap kedua ini.

Sesuai dalam kategori penerima prioritas penyuntikan vaksinasi tahap kedua inipun menyasar kepada Guru, Pejabat Daerah, Sekretariat Daerah kubu Raya, Sekretariat DPRD, Instansi Vertikal hingga Pelayan Publik.

Pada pelaksanaannya, vaksinasi massal di Kantor Bupati Kubu Raya ini terbilang berjalan lancar dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Baca juga: PPKR Minta Pemerintah dan Aparat Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan di Kubu Raya

Pasalnya, kerumunan calon penerima vaksin ini dapat diatur, dengan melakukan pembatasan dan penjadwalan terhadap calon penerima vaksin yang memasuki area penyuntikan.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan memaparkan bahwa, tujuan dari vaksinasi ini untuk melindungi diri, keluarga dan masyarakat dari Covid-19.  

Dan Ia menerangkan bahwa, sebanyak 120 orang tenaga kesehatan dari 20 Puskesmas di Kubu Raya ikut terlibat untuk melayani vaksinasi massal di Kubu Raya selama 3 hari ini.

"Dan nantinya untuk vaksinasi tahap kedua akan dilakukan 28 hari sejak vaksin tahap pertama diberikan," ungkap Marijan.

Seperti pada mekanisme pendistribusian vaksin sinovac tahap pertama. Sebelum dilakukan vaksinasi dilakukan empat tahapan untuk memastikan calon penerima vaksin lolos skrining. 

Dinas Kesahatan Kabupaten Kubu Raya juga sudah menyiapkan empat meja untuk tahapan alur vaksinasi yang akan dilakukan ini.

Di meja pertama, peserta vaksinasi melakukan registrasi untuk mendaftar terlebih dahulu.

Usai mendaftar di meja pertama, peserta vaksinasi kemudian akan diarahkan ke meja kedua atau meja skrining. Di meja skrining inilah peserta akan diberikan pertanyaan oleh petugas vaksinator terkait kondisi kesehatan, riwayat penyakit, riwayat kontak dengan terkonfirmasi positif dan lainnya serta di lakukan pemeriksaan fisik.

Setelah Peserta yang sudah di perbolehkan menerima vaksin usai di periksa, akan dimintai untuk menandatangani persetujuan vaksinasi, barulah peserta akan pindah ke meja ketiga yaitu penyuntikan vaksin Sinovac.

Usai disuntik dengan vaksin, peserta harus menunggu selama 30 menit di tempat tunggu yang sudah di sediakan petugas Puskesmas.

Ditempat tunggu ini, sudah tersedia petugas vaksinator yang akan melakukan observasi kepada peserta, untuk mengetahui kondisi peserta usai di suntik vaksin. Dan setelah selesai, kemudian pun peserta diberikan kartu vaksinasi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved