Sintang Berkelanjutan Masuk dalam 5 Prioritas Pembangunan Pemkab Sintang Tahun 2022

“IPM Kabupaten Sintang berada pada kelompok Sedang. Pada tahun 2019, perekonomian Kabupaten Sintang mengalami perlambatan," ujar Kartiyus.

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Kepala Bappeda Kabupaten Sintang, Kartiyus 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Pemerintah Kabupaten Sintang, saat ini tengah menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022. Saat ini, prosesnya sudah sampai di tahap konsultasi publik.

Pada tahun 2022, Pemkab Sintang mengambil tema RKPD yaitu peningkatan pelayanan kesehatan, infrastruktur dan sumber daya manusia dalam percepatan pemulihan ekonimi menuju sintang yang berkelanjutan.

“Dari tema tersebut, ada lima perioritas pembangunan pada tahun 2022 mendatang, yaitu: Peningkatan pelayanan kesehatan, infrastruktur, SDM, pemulihan ekonomi dan Sintang berkelanjutan,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sintang, Kartiyus.

Kepala Bappeda Kabupaten Sintang, Kartiyus menyampaikan bahwa Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Sintang pada tahun 2020 mencapai angka 66, 88 dan berada pada 7 besar IPM tertinggi, namun masih berada di bawah IPM Provinsi Kalimantan Barat.

Baca juga: Anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Prihatin dengan Pagu Anggaran di Kementrian Pertahanan

“IPM Kabupaten Sintang berada pada kelompok Sedang. Pada tahun 2019, perekonomian Kabupaten Sintang mengalami perlambatan," ujar Kartiyus.

Menurutnya, tiga kelompok terbesar penyusun struktur ekonomi Kabupaten Sintang adalah sektor pertanian, perdagangan dan konstruksi.

Persentase kemiskinan Kabupaten Sintang pada maret 2020 sebesar 9,27% atau menurun 0,38% dibandingkan Maret 2019.

Kondisi ini belum menggambarkan dampak pandemi COVID-19.

Sementara, hingga Agustus 2020, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Sintang 4,5 persen berada pada posisi ke-6 terbesar di Kalimantan Barat. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved