Breaking News:

Patuhi Aturan Pemkot Singkawang, Atraksi Tatung Diadakan di Vihara

Aksi tatung tentunya ada, hanya sesuai aturan pemerintah atraksi dilakukan dalam vihara dan kelenteng masing-masing

TRIBUNPONTIANAK/Rizki Kurnia
Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie membacakan hasil kesepakatan bersama terkait pelaksanaan Cap Go Meh di Kota Singkawang. Senin 22 Februari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Mengingat pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Pemerintah Kota Singkawang menyatakan tidak akan menggelar Festival Cap Go Meh pada 2021.

Keputusan itu berdasarkan pertemuan dan kesepakatan bersama antara Pemkot Singkawang, Kapolres, Dandim, Kepala Kantor Kemenag, Kepala Disparpora, Ketua Panitia Pelaksana Imlek dan CGM serta delapan majelis keagamaan yang ada di Kota Singkawang.

Namun dalam kesepakatan juga disebutkan, ibadah tetap bisa dilaksanakan dan tatung atau laoya bisa melaksanakan ritualnya dalam vihara masing-masing.

Ajung yang biasa menjadi tatung dari Kelenteng Bun Bu Fab Shi mengatakan, pihaknya tetap mematuhi aturan yang dikeluarkan Pemkot Singkawang atas kesepakatan bersama tersebut.

Baca juga: Cap Go Meh di Singkawang, Tatung Gelar Atraksi di Vihara Masing-masing

“Aturan ini juga demi kebaikan kita semua, kami harus menerima aturan ini,” terang Ajung, Rabu 24 Februari 2021.

Sesuai dengan aturan tersebut pula, Ajung menerangkan pelaksanaan ibadah di vihara dan kelenteng masing-masing masih dapat dilaksanakan, sehingga jemaat tetap bisa beribadah, termasuk ritual yang dilaksanakan para tatung.

“Aksi tatung tentunya ada, hanya sesuai aturan pemerintah atraksi dilakukan dalam vihara dan kelenteng masing-masing. Jadi kami tidak ada atraksi di jalan dan sebagainya,” terangnya.

Dia sendiri mengaku tidak ada persiapan yang berbeda dalam atraksi tatung yang akan dilaksanakan pada Cap Go Meh di masa pandemi ini.

Namun, di Kelenteng Bun Bu Fab Shi sendiri, Ajung sudah mempersiapkan fasilitas protokol kesehatan untuk para jamaat saat beribadah nanti.

“Kami juga pastinya mengimbau jemaat untuk menggunakan masker saat beribadah nanti,” katanya.

Baca juga: Polisi Sampaikan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dan Pelarangan Pawai Tatung di Perayaan Cap Go Meh

Halaman
123
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved