Breaking News:

Antisipasi Potensi Karhutla di Sanggau, Kapolres Sanggau Terus Pantau Kawasan Langganan Karhutla

Karena, lanjutnya, musim kemarau dipastikan datang lebih cepat. Secara institusi, Kapolres juga telah mengumpulkan para Kabag, Kasat untuk mempersiapk

TRIBUNPONTIANAK/Hendri Chornelius
Kapolres Sanggau, AKBP Raymond M Masengi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Terkait dengan antisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukum Polres Sanggau, Kapolres Sanggau, AKBP Raymond M Masengi menyampaikan bahwa menindaklanjuti perintah dari Presiden, Kapolri, dan Kapolda, Polres Sanggau telah melakukan langkah-langkah dan koordinasi dengan stakeholder.

"Dari kemarin kami sudah berkoordinasi dengan BPBD, dan Pak Bupati sendiri telah mengintruksikan rapat khusus untuk membahas kaitannya dengan kesiapan Kabupaten Sanggau. Pasti peralatan-peralatan ataupun sumber daya akan digunakan untuk mengantisipasi, karena perintahnya adalah antisipasi dini Karhutla," katanya, Selasa 23 Februari 2021.

Karena, lanjutnya, musim kemarau dipastikan datang lebih cepat. Secara institusi, Kapolres juga telah mengumpulkan para Kabag, Kasat untuk mempersiapkan segala sesuatunya. 

Baca juga: Wabup Sanggau Hadiri Tanam Perdana Tanaman Kelapa Sawit Program PSR di Desa Harapan Makmur

"Data telah kami siapkan, tempat-tempat yang biasa menjadi tempat Karhutla telah kami pantau. Dan saat ini lewat dashboard aplikasi lancang kuning kami telah memantau setiap pergerakan hotspot yang ada, hari ini ada satu," ujarnya.

"Telah diperintahkan untuk dikonfirmasi oleh Polsek Tayan Hilir, Apakah memang itu kebakaran lahan, hutan atau mungkin api yang ditimbulkan bukan karena kebakaran lahan atau hutan. Belum diketahui pastinya,"ujarnya.

"Yang pasti setiap titik hotspot yang muncul akan kami datangi, segera dikonfirmasi apakah memang itu lahan atau perkebunan atau hutan atau hal-hal lain. Sedini mungkin semua hotspot yang muncul segera kami tindaklanjuti,"tambahnya.

Peralatan juga, lanjut Kapolres, akan dicek lebih lanjut lagi. dimana Kapolda Kalbar telah memberikan contoh yakni kunjungan kerja untuk memastikan dan memberikan semangat kepada kami untuk melakukan langkah-langkah kepolisian kaitan Penanggulangan Karhutla.

"Ke Polsek-Polsek nanti rencananya saya dan tim akan berangkat untuk memastikan perlengkapan yang ada, kesiapan anggota dan kerjasama dengan rekan-rekan TNI. dan mungkin sebagian ke Perusahaan-perusahaan yang rawan terjadinya kebakaran dengan berkoordinasi untuk melihat kesiapan sarana prasarana yang mereka punya,"ujarnya.

Lantaran, kata Kapolres, berdasarkan pengalaman peralatan dari perusahaan sangat membantu pemadaman lahan baik dalam lingkungan wilayahnya maupun dilingkungan masyarakat atau tempat-tempat lainya. (*)

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved