Breaking News:

PLN Kalbar Bangun Jaringan Listrik di Desa Kumang Jaya Kapuas Hulu

Dijelaskannya, Dusun Geruguk merupakan lokasi terakhir yang berhasil dilakukan penyalaan listriknya melalui anggaran tahun 2020

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Istimewa
Pihak PLN saat mendirikan tiang listrik di Desa Kumang Jaya Kecamatan Empanang, waktu lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUASHULU - PLN telah membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 6,7 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 0,98 kms, dan 1 unit gardu distribusi berkapasitas 50 kVA, di Dusun Geruguk Desa Kumang Jaya, Kecamatan Empanang.

General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo menyatakan, kalau pihaknya tetap berkomitmen melakukan pembangunan dan perluasan jaringan listrik agar semakin banyak warga yang berada dipelosok desa dapat menikmati listrik.

"Upaya yang dilakukan tentunya disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan," ujarnya, Senin 22 Februari 2021.

Dijelaskannya, Dusun Geruguk merupakan lokasi terakhir yang berhasil dilakukan penyalaan listriknya melalui anggaran tahun 2020.

Baca juga: Lasarus Dukung Rencana Pemerintah Pusat Bangun Jalan Tol Layang Putussibau - Kalis

Dimana sepanjang tahun 2020, PLN Kalbar telah melakukan pembangunan dan perluasan jaringan listrik di 68 lokasi dusun dan desa yang tersebar di Kalimantan Barat, baik lokasi baru maupun perluasan atau pengembangan jaringan yang sebelumnya sudah ada.

"Sepanjang tahun 2020, kami telah melakukan pembangunan dan perluasan JTM sepanjang 467,09 kms, JTR sepanjang 289,56 kms, dan 155 unit gardu distribusi dengan total kapasitas sebesar 11.295 kV," ucapnya.

Ari menuturkan, dengan dilaksanakannya pembangunan dan perluasan jaringan listrik ini, maka akan semakin banyak warga desa yang dapat menikmati listrik, perekonomian warga pun secara otomatis akan terus meningkat dengan adanya listrik.

"Hingga Desember 2020, ratio elektrifikasi di Kalbar kini meningkat dari yang sebelumnya sebesar 89,96 persen pada tahun 2019 menjadi 93,07 persen diakhir tahun 2020," ujarnya.

Ari merasa optimis ratio elektrifikasi di Kalimantan Barat akan terus meningkat tentunya dengan dukungan seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali, baik dari institusi pemerintahan maupun swasta. "Ini semua dapat berkolaborasi, dalam upaya pembangunan infrastruktur kelistrikan di Kalbar," ungkapnya. (*)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved