Kebakaran Hutan di Kawasan Parit Demang, Kombes Pol Leo Joko Sampaikan Kesulitan Sumber Air

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Leo Joko Triwibowo menyampaikan terkait kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Jalan Parit Demang.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/Jovi Lasta
Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Leo Joko Triwibowo, Selasa 16 Februari 2021 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kembali, terjadi kebakaran lahan dan hutan di Jalan Parit Demang, Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Selasa 16 Februari 2021.

Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Leo Joko Triwibowo menyampaikan terkait kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Jalan Parit Demang.

"Kalau luasnya sekitar tidak sampai 1 hektar, kemudian kalau ditanya penyebab ya kita masih dalami karena memang ada beberapa informasi dari masyarakat nanti akan kita tindak lanjuti karena kalau memang korporasi oleh suatu perusahaan nah ini bisa kita jerat hukum," ujar Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Leo Joko Triwibowo ditemui awak media di lokasi kebakaran.

"Ini merupakan masing-masing tanah pribadi makanya nanti kita cari tahu unsur-unsur pasal apa yang bisa kita terapkan," ujarnya.

Baca juga: Aksi Ketua Ranting Bhayangkari Polsek Sungai kakap Bantu Padamkan Kebakaran Lahan

Kombes Pol Leo Joko Triwibowo mengatakan, bahwa untuk dugaan unsur kesengajaan akan dilakukan terlebih dahulu keterangan dari pemilik lahan.

"Kendala di lapangan ini memang ini kita perlu saksi kendalanya itu. Apabila kita ingin unsur pasal yang masuknya kita perlu saksi, siapa yang melihat apabila itu memang dibakar," jelasnya.

Untuk kendala dalam melaksanakan pemadaman, Kombes Pol Leo, menyebut bahwa dalam memadamkan api petugas kesulitan sumber air.

"Kendala pemadam ini kita sekarang, kita tahu sendiri air ini. Ini air dari mobil water canon dalam perjalanan supaya bisa menyuplai air untuk pemadamanmya. Ini ada sumber tapi kecil sumurnya jadi tidak bisa mencukupi. Dari teman-teman TNI membawa Foam busa keliatannya tidak mencukupi," tambahnya.

Kapolresta Pontianak Kota ini menyebut berdasarkan keterangan dari kapolsek ada usaha oleh warga untuk membuat tanah bakar untuk tanaman hias dimungkinkan juga seperti itu.

Jiak ditemukan tindak pelaku pembakaran hutan, Kombes Pol Leo Jokotriwibowo menegaskan akan dilaksanakan proses dan penyidikan serta pemberkasan. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved