Breaking News:

Citizen Reporter

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Dirikan Kuasi Paroki Monterado Bengkayang

Berdasarkan (bdk. Kan. 515, §1) menjelaskan bahwa paroki adalah adalah persekutuan umat beriman kristiani yang dibentuk secara tetap dalam batas-batas

Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Dirikan Kuasi Paroki Monterado Bengkayang. 

Citizen Reporter

Komsos Keuskupan Agung Pontianak Samuel

TRIBUNPONTIAANK.CO.ID, BENGKAYANG - Berdasarkan (bdk. Kan. 515, §1) menjelaskan bahwa paroki adalah adalah persekutuan umat beriman kristiani yang dibentuk secara tetap dalam batas-batas wilayah tertentu di keuskupan, yang reksa pastoralnya dipercayakan kepada pastor paroki sebagai gembalanya sendiri di bawah otoritas Uskup diosesan.

Sedangkan Kuasi Paroki adalah komunitas kaum beriman kristiani tertentu dalam Gereja Partikular yang dipercayakan kepada seorang imam sebagai gembalanya sendiri, dan yang karena keadaan khusus belum didirikan sebagai paroki.

Dalam dokumen bdk. Kan 515 § 2 jelas mengatakan bahwa sebuah paroki harus didirikan secara iuridis dengan sifatnya yang stabil dan tetap.

Tindakan Uskup dalam mendirikan paroki membutuhkan kebijakan yang bijaksana tentang penyatuan elemen-elemen esensial dari sebuah paroki.

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Berkati Busana dan Perlengkapan untuk Imam Baru

Oleh karena itu pula dalam mendirikan paroki yang baru, Uskup harus mendengarkan pendapat dari Dewan Imam.

Elemen esensial dari tindakan Uskup mendirikan sebuah paroki baru adalah pertama-tama harus adanya komunitas umat beriman yang sudah siap terbentuk dan tetap.

Kemudian yang kedua adalah status badan hukum paroki.

Melihat besarnya bidang pelayanan kepada umat paroki yang ada di Keuskupan Agung Pontianak, tentunya tak terlepas dari peranan imam yang bertugas.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved