Breaking News:

Citizen Reporter

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Berkati Busana dan Perlengkapan untuk Imam Baru

Dalam sambutan pembuka, Mgr. Agus mengatakan bahwa menjadi imam merupakan sebuah panggilan yang akan mengemban tugas pokok serta sebagai perpanjangan

Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
BERKAT - Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Berkati Busana dan Perlengkapan untuk Imam Baru. 

Citizen Reporter

Komsos Keuskupan Agung Pontianak Samuel

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Malam sebelum tahbisan Diakon Fransiskus Peran dan Diakon Victorius Reno, Mgr. Agus ungkapkan Busana dan Perlengkapan Imam merupakan alat liturgis untuk melayani umat dimanapun mereka berada.

Dalam ibadat pemberkatan busana yang dimulai pada pukul 18.00 WIB Rabu malam, 3 Februari 2021, Uskup Agus mengatakan bahwa menjadi imam merupakan panggilan yang sangat istimewa dan mereka yang menjawab panggilan adalah mereka berani mengambil keputusan atas hidup dan mengimani iman yang ia yakini.

Setiap pribadi yang terpanggil dan mau membuka diri terhadap panggilan pastinya sudah dengan matang mempersiapkan diri untuk menerima tahbisan imamat.

Malam sebelum tahbisan menurut kebiasaan imam, akan dilakukan ibadat pemberkatan kasula dan peralatan misa yang digunakan oleh imam yang akan ditahbiskan.

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Tahbiskan Dua Imam Baru asal Landak dan Kubu Raya

Ibadat malam itu dilaksanakan di Gereja Paroki Santo Yosep Samalantan Keuskupan Agung Pontianak yang diikuti oleh jumlah umat yang terbatas, sehubung dengan peraturan protokol kesehatan di masa pandemi covid19.

Dalam sambutan pembuka, Mgr. Agus mengatakan bahwa menjadi imam merupakan sebuah panggilan yang akan mengemban tugas pokok serta sebagai perpanjangan tangan Kristus di tengah dunia.

“Ada tiga tugas imam dalam melanjutkan tiga tugas Yesus, pertama sebagai nabi yang selalu memperjuangkan keadilan, yang selalu mengingatkan masa depan manusia. Yang kedua sebagai raja atau gembala. Artinya mereka akan menjadi pemimpin umat dan mengembalakan kawanannya. Kemudian yang ketiga adalah sebagai imam yang menguduskan dan menyucikan orang-orang,” tuturnya.

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Dianugerahi Lencana Darmabakti Gerakan Pramuka

Dihadapan umat telah tersedia busana rohani, dimana busana rohani dan perlengkapan tersebut pertama-tama akan disucikan untuk tugas mulia yang akan diemban oleh dua diakon yang akan ditahbiskan menjadi imam.

Harapannya, Diakon Fransiskus Peran dan Diakon Victorius Reno selalu menggunakan perlengkapan itu dalam setiap peristiwa iman kemuliaan Tuhan dan demi keselamatan umat manusia serta gereja.

Mgr. Agustinus Agus juga mengingatkan bahwa dengan adanya alat-alat perlengkapan seperti itu, hendaknya kedepan menjadi sumber pengingat bahwa selalu ada penyertaan Tuhan dalam setiap peristiwa yang mereka lalui.

Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus Pr Berkati Gua Maria Bunda Peziarah Nyarumkop Singkawang

Ibadat pemberkatan busana dan perlengkapan misa ditutup dengan berkat penutup dan selanjutnya acara ramah-tamah bersama kedua orang tua dari Diakon dalam pertemuan makan malam yang terbatas. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved