Breaking News:

PENGUMUMAN! Mendikbud: Ujian Nasional, Ujian Sekolah dan Ujian Kesetaraan Resmi Ditiadakan

SE tersebut berisi tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona

Editor: Haryanto
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIVALDI ADE MUSLIADI
Ilustrasi - Sebanyak 221 siswa SMA Karya Sekadau mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA yang mulai dilaksanakan, Senin (1/4). Di SMA Karya Sekadau, pelaksanaan UNBK dibagi menjadi dua sesi dengan menggunakan empat laboratorium komputer. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pengumuman penting disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim.

Mendikbud resmi meniadakan Ujian Nasional, Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah.

Keputusan tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 yang telah diterbitkan Nadiem Makarim.

SE tersebut berisi tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Asesmen Nasional Pengganti Ujian Nasional 2021 Diundur ! Kapan Jadwal Asesmen Nasional Terbaru ?

Melalui surat edaran yang diterbitkan pada 1 Februari 2021 itu, Nadiem menetapkan bahwa Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan pada tahun 2021 ini ditiadakan.

"Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan," bunyi poin pertama surat edaran yang diterima Tribunnews.com dari Kemendikbud, Kamis 4 Februari 2021.

"Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi," lanjut bunyi surat edaran itu.

Pada surat tersebut, Nadiem mengungkapkan alasan peniadaan UN dan ujian kesetaraan adalah langkah responsif untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Mengingat penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat.

KALENDER Pendidikan Tahun 2021 , Jadwal Masuk Sekolah Pertama, Hari Libur dan Jadwal Ujian Sekolah

Dalam poin ketiga surat edaran tersebut disebutkan bahwa peserta didik dinyatakan lulus dari satuan atau program pendidikan setelah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved