Breaking News:

Yoga Terkesan Dengan Suasana Kabupaten Sambas

Menurutnya, selama menjadi kepala Pengadilan Negeri Sambas semuanya berjalan sesuai dengan rencana. Dan kondisi di Kabupaten Sambas juga kondusif.

TRIBUNPONTIANAK/M WAWAN GUNAWAN
Pelaksanaan kegiatan Pisah Sambut Kepala Pengadilan Negeri (KPN) Sambas, di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Rabu 13 Januari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Pemerintah daerah dan Forkopimda Kabupaten Sambas, melaksanakan kegiatan Pisah Sambut Kepala Pengadilan Negeri (KPN) Sambas, di Aula Utama Kantor Bupati Sambas.

Disampaikan oleh Kepala Pengadilan Negeri Sambas Setyo Yoga Siswantoro, dirinya sudah bertugas di Kabupaten Sambas selama kurang lebih 2 tahun 6 bulan. Dan sekarang diberi amanah untuk menjadi Hakim di Pengadilan Negeri Kelas 1 Semarang.

"Setalah hampir 2,6 tahun saya bertugas di Sambas. Sekarang saya ingin sampaikan ucapan terimakasih dan perpisahan karena saya diberi amanah baru untuk menjadi Hakim di Pengadilan Negeri kelas 1 di Semarang," ujarnya, Rabu 13 Januari 2021.

Menurutnya, selama menjadi kepala Pengadilan Negeri Sambas semuanya berjalan sesuai dengan rencana. Dan kondisi di Kabupaten Sambas juga kondusif.

"Tentunya dalam waktu yang singkat ini, kami dari penegak hukum khusunya di pengadilan sudah bekerja secara maksimal. Dan Alhamdulillah kondisinya kondusif," katanya.

Baca juga: Pemkab Sambas Laksanakan Pisah Sambut Kepala Pengadilan Negeri Sambas

"Sehingga kasus-kasus kejahatan konvensional bisa kita tangani dengan baik, dan Forkopimda sering terlibat dan membantu dalam menyelesaikan permasalah," ungkapnya.

Dijelaskan dia, selama menjabat sebagai KPN Sambas, wajah penegakan hukum di lingkungan peradilan sudah banyak berubah. Kata dia, banyak inovasi yang sudah mereka lakukan, untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh pelayanan.

"Wajah penegak hukum di pengadilan sudah berubah, banyak inovasi yang kami buat dan kami kembangkan. Disana ada layanan satu pintu yang sudah kami siapkan," katanya.

"Dan untuk pembuatan surat tidak pernah terlibat pidana bagi para Calon Anggota Dewan misalnya, sekarang bisa dibuat melalui smartphone di rumah, dan dalam waktu dekat sudah bisa selsai tanpa harus datang ke pengadilan," tutur Yoga.

Oleh karenanya, dia mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh stakeholder yang terkait, kepada Pemkab Sambas, Forkompinda dan masyarakat Sambas yang sudah bersama-sama membatu dirinya selama menjabat sebagai Ketua PN Sambas.

"Harapan kami kita bisa bekerjasama dengan setiap Kecamatan, dan bahkan harapan kita sampai di tingkat kelurahan," ungkapnya.

"Di pengadilan juga banyak dapat bantuan dari pemerintah daerah, seperti pembangunan musholla dan itu sangat berguna sekali untuk para terdakwa yang akan melaksanakan ibadah sambil menunggu," tutur Yoga.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, dirinya selama bertugas kurang lebih 20 tahun sebagai hakim merasa bahwa Sambas adalah tempat yang baik dan nyaman dalam melaksanakan tugas. Padahal ungkapnya, dia sudah bertugas di berbagai wilayah selama karirnya menjadi hakim.

Kata dia, seandainya boleh menetap di Sambas dan tidak berpindah. Dirinya ingin menetap di Sambas selama bertugas sampai dengan pensiun. (*)

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved