Breaking News:

Sebanyak 10 Ribu Vial Vaksin Sinovac Tahap Pertama Sudah Tiba di Kalbar

“Setelah itu baru kami mengirimkan vaksin ini ke kabupaten kota. Untuk tahap pertama yang akan dilakukan vaksin adalah petugas kesehatan,” ujarnya

Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Kedatangan Vaksin Sinova di Gedung Cold Room Instalasi Farmasi di Kantor Diskes Privinsi Kalbar, Selasa 5 Januari 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pendistribusian Vaksin Sinovac dari Pusat ke Provinsi Kalbar menggunakan Pesawat Lion Air mendarat di Bandara Supadio Pontianak, Selasa 5 Januari 2021.  

Sebanyak 10 ribu vial Vaksin Sinovac telah tiba di Kalbar.

Mendarat di Bandara Supadio Pontianak dikawal oleh TNI Polri untuk diantar sampai ke tempat penyimpanan vaksin di Gedung Cold Room Instalasi Farmasi di Kantor Diskes Provinsi. 

Kedatangan vaksin Covid-19 yang dikawal ketat aparat kepolisian di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa 5 Januari 2021. Sebanyak 18.360 vaksin Sinovac tersebut akan diberikan kepada kelompok penerima vaksin yang diprioritaskan terlebih dahulu. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Kedatangan vaksin Covid-19 yang dikawal ketat aparat kepolisian di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa 5 Januari 2021. Sebanyak 18.360 vaksin Sinovac tersebut akan diberikan kepada kelompok penerima vaksin yang diprioritaskan terlebih dahulu. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI (TRIBUNPONTIANAK/DESTRIADI)

Kedatangan Vaksin disambut langsung oleh Diskes Provinsi Kalbar, Harisson dan diserahkan secara simbolis untuk disimpan di Cold Room.

Kadiskes Kalbar, Harisson mengatakan untuk langkah selanjutnya masih menunggu Surat EUA (penggunaan dalam keadaan darurat) dari Badan POM yang rencananya akan diterbitkan pada 11 Januari 2021.

“Setelah itu baru kami mengirimkan vaksin ini ke kabupaten kota. Untuk tahap pertama yang akan dilakukan vaksin adalah petugas kesehatan,” ujar Harisson.

Baca juga: Sebanyak 2.300 Tenaga Kesehatan di Sambas Akan Terima Vaksin Sinovac

Ia mengatakan di Kalbar sendiri total Nakes yang tercatat dalam sistem informasi sumber daya manusia kesehatan sebanyak 26.651 orang. 

Awalnya direncanakan untuk tahap awal pendistribusian Vaksin ke Kalbar sekitar 18 ribuan, tapi yang hari ini tiba di Kalbar pada tahap pertama hanya 10 ribuan.

Hal tersebut dikatakannya karena  melihat kapasitas Cold room hanya berkisar 18-20 ribu untuk tambahan vaksin. Sementara sebentar lagi masuk vaksin Japanese encephalitis (JE).

“Maka kami minta dropkan 10 ribu vial vaksin dulu. Lalu kami bagikan baru nanti pengiriman selanjutnya dilakukan bertahap. Untuk 10 ribu ini akan dibagikan secara proporsi berdasarkan jumlah Nakes per kabupaten kota di Kalbar dan distribusi ke kabupaten kota akan dilakukan oleh personil Polda Kalbar,” jelasnya.

Ia menyampaikan untuk pemberian vaksin dilakukan sebanyak 4 tahap karena ketersediaan vaksin secara nasional maupun global terbatas.

Kemudian melihat kedatangan vaksin dan profil keamaan vaksin untuk itu Kemenkes sudah membuat arahan bahwa akan dibagi  menjadi 4 tahap.  

“Jadi nanti sampai kepada masyarakat miskin dan masyarakat rentan pun akan mendapatkan vaksin covid-19 secara gratis tidak ada biaya untuk mendapatkan vaksin ini,” pungkasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved