Breaking News:

Vaksinasi Tahap Pertama, Sintang Dapat Alokasi 600 Vial

Pemkab Sintang, memastikan fasilitas penyimpanan vaksin di daerah telah sepenuhnya siap menampung kedatangan vaksin Sinovac asal Cina tersebut.

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/AGUS PUJIANTO
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Kementerian Kesehatan mulai mendistribusikan Vaksin Covid-19 buatan Sinovac. Kabarnya, hari ini Kalbar akan menerima 18.360 vial vaksin yang dikirim melalui jalur udara, dari total alokasi 50.000 vaksin.

Setelah tiba di Pontianak, vaksin Covid-19 tersebut akan didistribusikan ke kabupaten kota di Kalbar.

Pemkab Sintang, memastikan fasilitas penyimpanan vaksin di daerah telah sepenuhnya siap menampung kedatangan vaksin Sinovac asal Cina tersebut.

"Info yang kita terima dari Dinkes Provinsi Kalbar, hari ini vaksin covid-19 jenis sinovac sudah di di pontianak. Kita belum tahu kapan akan dikirim ke sintang. Direncanakan untuk Kabupaten Sintang akan menerima tahap pertama Vaksin Covid 19 sebanyak 600 Vial. Target pertama adalah tenaga kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh, Senin 4 Januari 2021.

Baca juga: Kategori Warna Kuning Rendah Covid-19, Ini Langkah Satgas Covid-19 Kapuas Hulu

Senin pagi, Dinkes Sintang, bersama Polres sudah meninjau persiapan gudang farmasi tempat penyimpanan Vaksin Covid-19 dan Logistik Pendukung, yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Sintang, Kompol Zulfikar.

Menurut Sinto, Vaksin Covid-19 akan dikawal ketat aparat keamanan mulai dari Pontianak-Sintang, hingga pendistribusian ke kecamatan.

"Kita sudah siapkan tempat penyimpanan vaksin. Baik di Dinkes kita juga sudah koordinasi juga dengan polres untuk melakukan pengamanan, pada saat distrubusi vaksin baik dari pontianak maupun ke kecamatan. Vaksin ini nanti kalau sudah sampai di sintang akan disebar ke seluruh kecamatan, ke puskemas sesuai dengan target penerima vaksin pertama, adalah nakes," ungkap Sinto.

Sinto menyebut ada 2.400 tenaga kesehatan di Kabupaten Sintang, yang didaftarkan untuk divaksin tahap pertama.

"Tapi kita sudah siap, tenaga untuk vaksin juga sudah siap, nanti vaksinya dikirim beserta perlengkapan untuk melakukan vaksin. Tapi diperkirakan akan dilakukan vaksinasi serentak sekitar tanggal 12-17 januari. Gudang farmasi juga sudah siap, nanti vaksin itu betul-betul dikawal. Supaya vaksin ini penyimpanan aman, tepat waktu dan tidak pecah dan rusak," jelas Sinto. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved