Masuk Sekolah Tatap Muka Senin 4 Januari 2021 di Mempawah Resmi Ditunda

Jadwal masuk sekolah di Mempawah direncanakan akan dimulai pada Senin 4 Januari 2021..........................................

Penulis: Ramadhan | Editor: Nasaruddin
AFP/RICKY PRAKOSO
ILUSTRASI - Siswa sekolah dasar di Natuna, Kepulauan Riau, mengenakan masker saat berada di area sekolah mereka, Selasa 4 Februari 2020 lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, MEMPAWAH - Rencana masuk sekolah tatap muka yang bakal digelar Senin 4 Januari 2021 resmi ditunda.

Pengumuman resmi itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disrikporapar) Kabupaten Mempawah, El Zuratnam.

El Zuratnam mengatakan, penundaan dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan.

“Untuk belajar tatap muka di sekolah, sementara ini kita putuskan agar ditunda dulu pelaksanaannya,'' kata El Zuratnam kepada Tribun Pontianak, Minggu 3 Januari 2021.

''Kita masih melihat perkembangan situasi dan kondisi di lapangan terkait pandemi Covid-19 dan kesiapan sekolah itu sendiri,” lanjutnya.

Kebijakan penundaan tersebut atas pertimbangan beberapa hal terkait situasi terkini perkembangan pandemi Covid-19.

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 6 Kelas 5 Halaman 38 40 41 42 43 44 45 46 Subtema 1 Pembelajaran 4 Suhu dan Kalor

Menurut El Zuratnam, kebijakan penundaan itu juga mempertimbangkan arahan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat.

Oleh sebab itu, pihaknya masih akan memantau situasi dan perkembangan terkini.

“Sambil menunggu situasi setelah libur tahun baru 2021, jadi kita akan lihat perkembangannya seperti apa,” ucapnya.

El Zuratnam juga mengatakan, untuk sampai saat ini sebenarnya, data daftar periksa (termogun,  disinfektan, masker, handsanitizer, tempat cuci tangan), semua sekolah sudah tersedia.

Surat persetujuan dari orang tua juga sudah dibuat sebanyak 176 SD dan 36 SMP.

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 SD Halaman 78 dan 81 Subtema 2 Pembelajaran 4 Tentang Ekosistem

Meski demikian, El Zuratnam menyebut pihaknya telah mengintruksikan seluruh pengawas pembina satuan monev ke sekolah-sekolah binaan, di wilayah kerjanya masing-masing yang akan dimulai pada 4-8 Januari 2021 nanti.

“Pengawas pembina akan mengecek sejauh mana kesiapan sekolah untuk melaksanakan belajar tatap muka. Terutama kesiapan menyangkut sarana dan prasarana protokol kesehatan,” ujarnya.

Untuk saat ini, sambung El Zuratnam, seluruh siswa dipastikan tetap akan melaksanakan rutinitas belajar di rumah, sampai menunggu keputusan lebih lanjut terkait pembelajaran tatap muka.

“Anak-anak tetap belajar dirumah seperti biasanya, sambil menunggu izin belajar tatap muka di sekolah yang nantinya akan diterbitkan Pemerintah Kabupaten Mempawah melalui Dinas Pendidikan,” ujarnya.

El Zuratnam juga mengingatkan agar sekiranya masyarakat pada umumnya bisa bersabar dan optimis pandemi ini bisa segera berlalu.

"Ya, harus bersabar dan optimis demi keselamatan pendidik, peserta didik, dan orangtua, serta masyarakat, dan semoga Covid-19 cepat berlalu," tutupnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved