Breaking News:

Poktan di Bengkayang Sampaikan Aspirasi ke Anggota Komite II DPD RI

Kendalanya lahan tanah yang tidak rata sehingga menyulitkan petani dalam menanam jagung karena tidak ada alat berat untuk meratakan tanah.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kelompok Tani (Poktan) Multi Guna Desa Bange Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang saat menyampaikan aspirasi ke Anggota DPD RI Dapil Kalbar, Christiandy Sanjaya melalui virtual, Senin 28 Desember 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Kelompok Tani (Poktan) Multi Guna Desa Bange Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang menyampaikan aspirasi ke Anggota DPD RI Dapil Kalbar, Christiandy Sanjaya, Senin 28 Desember 2020.

Pada kesempatan pertemuan secara daring melalui zoom, Nurcholis selaku ketua kelompok Tani Multi Guna yang beranggotakan 23 orang menyampaikannya secara terperinci keluhannya dibidang pertanian dimana Kabupaten Bengkayang yang selama ini terkenal sebagai penghasil jagung ternyata belum bisa menompang kehidupan petani sampai saat ini.

Kendalanya lahan tanah yang tidak rata sehingga menyulitkan petani dalam menanam jagung karena tidak ada alat berat untuk meratakan tanah.

Petani hanya menggunakan alat-alat tradisional sehingga kurang maksimal dalam hasil pertaniannya.

Untuk itu, mereka sangat mengharapkan bantuan alat berat atau handtraktor untuk meratakan tanah dilahannya.

Baca juga: Anggota DPD RI Asal Kalbar Christiandy Sanjaya Respon Aspirasi Masyarakat Desa Meranti Landak

Saat ini petani tidak hanya mengandalkan jagung dalam bertani, mereka juga sudah mulai mencoba menanam bibit bawang dan cabai dari bantuan dinas pertanian.

Tenaga penyuluh dari dinas juga sudah memberikan pendampingan dengan baik yang sangat membantu petani dalam menanam bibit bawang dan cabai.

Menanggapi hal tersebut, Christiandy Sanjaya selaku anggota komite II DPD RI menampung semua aspirasi, dan mengapresiasi akan adanya tenaga penyuluh dalam mendampingi petani mengelola lahannya.

"Semoga hubungan dan komunikasi yang baik antara tenaga penyuluh dan petani bisa membantu petani dalam membimbing berkebun," harapnya.

Sesuai dengan tema reses komite II terkait pengawasan dalam uu no 16 tahun 2006 tentang sistem tenaga penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan.

Pada kesempatan terakhir, Christiandy juga memberikan bantuan kepada kelompok tani Multi Guna untuk digunakan dalam kegiatan bertani. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved