Breaking News:

Rakor Cagar Biosfer, Nasir Minta ke Menteri untuk Pembangunan Berkelanjutan di Kapuas Hulu

Nasir juga meminta ke Menteri LHK RI, dapat melihat kondisi Kapuas Hulu secara langsung dan memberikan masukan untuk masa depan Kapuas Hulu lebih baik

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir saat menghadiri acara rapat koordinasi forum pengelolaan cagar biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu, yang dihadiri Staf Ahli Menteri LHK RI, Winarni, di Kantor Balai Besar TNDS, Kamis 17 Desember 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAPUAS HULU - Bupati Kabupaten Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir menghadiri langsung acara rapat koordinasi forum pengelolaan cagar biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum Kabupaten Kapuas Hulu, yang dihadiri Staf Ahli Menteri LHK RI, Winarni, di Kantor Balai Besar TNDS, Kamis 17 Desember 2020.

Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir berharap dalam rapat koordinasi tersebut, kiranya strategi ini dapat dijadikan acuan untuk 5 tahun kedepannya, dan menunjang pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Sesuai dengan visi strategis cagar biosfer yaitu, strategi pengelolaan cagar biosfer Betung Kerihun Danau Sentarum yang berbasis Kabupaten Kapuas Hulu sebagai kabupaten konservasi," ujarnya.

Baca juga: Bea Cukai Badau Dorong Ekspor Produk Industri Kecil Menengah di Sintang

Nasir juga meminta ke Menteri LHK RI, dapat melihat kondisi Kapuas Hulu secara langsung dan memberikan masukan untuk masa depan Kapuas Hulu lebih baik lagi.

"Jadi perlu didorong seperti produk kehutanan kita di Kapuas Hulu seperti daun Kratom atau purik, madu hutan organik, kerajinan, penangkaran arwana, karet, sawit, lainnya," ucapnya.

Dengan dijadikan Kapuas Hulu sebagai kabupaten cagar biosfer, Bupati telah menginstruksikan seluruh OPD dilingkungan Pemda Kapuas Hulu, untuk mengimplementasikan kaidah pembangunan berkelanjutan di setiap OPD. 

"Kami juga meminta seluruh NGO yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu, untuk mendukung program cagar biosfer dan diselaraskan dengan kemajuan dan kemandirian desa," ujarnya.

Baca juga: Pemda Kapuas Hulu Tak Ada Kewenangan Anggarkan Bangun Listrik, Ini Penjelasan Bupati Nasir

Terakhir Nasir juga menyatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu akan berkomitmen penuh mendukung sebagai kabupaten cagar biosfer. Tentunya harus diimbangi dengan dukungan juga Pemerintah Provinsi Kalbar, untuk mengembangkan KPH-nya di Kapuas Hulu.

"Pastinya harus didukung seluruh pemangku kepentingan dan para akademisi serta lara penelitian, untuk aktif dalam memberikan dalam pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Kapuas Hulu," ungkapnya. (*)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved