Breaking News:

Bank Indonesia Optimis Pemulihan Ekonomi Nasional Terwujud, Beberkan 1 Prasyarat dan 5 Strategi

Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2020 "Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi" yang diselengg

TRIBUNPONTIANAK/SEPTI DWISABRINA
Gubernur BI, Perry Warjiyo saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2020 secara virtual, Kamis 3 Desember 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bank Indonesia (BI) optimis pemulihan ekonomi nasional pada tahun 2021 dapat terwujud dengan penguatan sinergi melalui 1 prasyarat dan 5 strategi.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Tahun 2020 "Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi" yang diselenggarakan secara virtual pada di Jakarta, Kamis 3 Desember 2020.

Selanjutnya, Perry Warjiyo menuturkan satu prasyarat tersebut adalah vaksinasi dan disiplin protokol Covid-19 dan 5 strategi respons kebijakan.

"Pertama pembukaan sektor produktif dan aman, percepatan stimulus fiskal (realisasi anggaran), peningkatan kredit dari sisi permintaan dan penawaran," terangnya.

Selain itu adalah stimulus moneter dan kebijakan makroprudensial, serta digitalisasi ekonomi dan keuangan, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Baca juga: KPwBI Beberkan Prospek dan Tantangan Ekonomi 2021, Sebut Vaksinasi Kunci Pertumbuhan Pesat Ekonomi

Momentum pemulihan ekonomi nasional perlu terus didorong dengan memperkuat sinergi membangun optimisme oleh semua pihak baik Pemerintah (Pusat dan Daerah), Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), perbankan dan berbagai pihak lainnya.

Vaksinasi dan disiplin protokol Covid-19 merupakan kondisi prasyarat bagi pemulihan ekonomi nasional. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved