Breaking News:

Bayar Tunggakan Iuran JKN - KIS Bisa Melalui Program Gadai Peduli

Program Gadai Peduli merupakan program kebijakan relaksasi diluncurkan pegadaian membantu meringankan beban masyarakat dengan pinjaman tanpa bunga

Editor: Dhita Mutiasari
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Program Gadai Peduli. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebagai langkah untuk meringankan beban masyarakat atas kondisi yang timbul dari pandemi Covid-19, Pemerintah melakukan berbagai upaya dalam bentuk penetapan kebijakan dalam sektor ekonomi diantaranya melalui program relaksasi yang diharapkan dapat membantu masyarakat agar tetap dapat memenuhi kebutuhannya.

Kini, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan PT Pegadaian untuk menghadirkan Produk Gadai Peduli.

Program Gadai Peduli merupakan program kebijakan relaksasi yang diluncurkan pegadaian untuk membantu meringankan beban masyarakat dengan pinjaman tanpa bunga.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak Adiwan Qodar mengatakan kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan PT Pegadaian bertujuan untuk memudahkan peserta JKN-KIS untuk membayarkan iuran kepesertaannya.

Adiwan menyebut, sebelumnya pihaknya telah menghadirkan program relaksasi iuran yang bisa meringankan para peserta untuk melunasi tunggakan yang dimilikinya, sehingga bisa mengaktifkan status kepesertaannya kembali.

Baca juga: Praktis! Darsono Terbantu Aplikasi Mobile JKN Bisa Cek Tagihan Iuran JKN-KIS

Baca juga: Berikut Akses Layanan Secara Online BPJS Kesehatan

"BPJS Kesehatan telah meluncurkan Program Relaksasi Tunggakan Iuran bagi peserta yang mempunyai tunggakan lebih dari 6 bulan. Dengan mengikuti Program Relaksasi ini peserta cukup membayar tunggakan iuran 6 bulan ditambah 1 bulan berjalan, peserta sudah dapat mengaktifkan kartunya sementara sisa tunggakan dapat dicicil sampai dengan tahun 2021. Sejalan dengan hadirnya program Gadai Peduli dari Pegadaian hal ini diharapkan semakin meringankan dan memudahkan peserta JKN-KIS," tutur Adiwan, Senin 23 November 2020.

Sama halnya dengan Program Relaksasi Tunggakan Iuran, Program Gadai Peduli dari Pegadaian dapat diikuti peserta JKN-KIS sampai dengan Desember tahun 2020.

Peserta yang akan mengikuti program ini dapat terlebih dahulu mendaftar melalui website  https://hblpegadaian.id/GadaiPeduliBPJS.

Setelah melakukan pendaftaran dan mengisi form melalui website tersebut peserta datang ke outlet Pegadaian untuk permintaan pinjaman Gadai Peduli dengan membawa KTP, KK, Kartu Peserta BPJS Kesehatan dan Kode Booking yang telah didapat melalui pendaftaran via website.

"Setelah melewati proses tersebut, nantinya petugas outlet akan melakukan validasi, pengecekan tagihan BPJS Kesehatan nasabah dan memproses pinjaman. Peserta JKN-KIS yang mengikuti Program Gadai Peduli untuk membayar Tunggakan Iuran JKN-KIS juga akan mendapatkan produk berupa pembukaan tabungan emas secara gratis dari Pegadaian," tambah Adiwan.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Manager Area 2 Kalimantan Barat, Ade Setiawan mengatakan program Gadai Peduli merupakan bentuk stimulus ekonomi akibat Covid-19 dari PT Pegadaian (Persero).

Dengan hadirnya program tersebut, Ade menyebut dapat memudahkan peserta JKN-KIS untuk melunasi tunggakan kepesertaan JKN-KIS. 

"Program Gadai Peduli merupakan bentuk stimulus ekonomi akibat Covid-19 dari PT Pegadaian (Persero), Produk Kredit Cepat Aman (KCA) ini memberikan pinjaman sewa modal 0 persen atau tanpa bunga. Pegadaian juga telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, peserta BPJS Kesehatan juga dapat memanfaatkan program ini untuk membayar tunggakan iuran" tutur Ade saat memberikan sosialisasi secara daring.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved