Breaking News:

Peringatan Hari Pahlawan, Pjs Bupati Sekadau Harap UMKM Dapat Menjadi Pahlawan Perekonomian Kreatif

Nah UMKM ini tantangannya dalam konteks sekarang dinamika Covid-19. Mereka untuk berusaha tentu memiliki tantangan yang berbeda

Penulis: Marpina Sindika Wulandari | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ MARPINA SINDIKA WULANDARI
Pjs Bupati Sekadau, Sri Jumiadatin bersama UMKM Sekadau 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU- Bertepatan dengan hari Pahlawan, Pjs Bupati Sekadau harapkan UMKM dapat menjadi pahlawan perekonomian kreatif di Kabupaten Sekadau.

Hal itu disampaikan Pjs Bupati Sekadau, Hj. Sri Jumiadatin saat membuka pelatihan motivasi kewirausahaan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Sekadau, yang digelar di Aula Hotel Multi Sekadau, Selasa 10 November 2020.

Menurutnya, pelatihan yang digelar tepat pada peringatan Hari Pahlawan itu dapat dimaknai sebagai  perjuangan juga bagi UMKM, di masa pandemi Covid-19 karena sama-sama memiliki tantangan.

Baca juga: Polres Ketapang Lakukan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

"Kalau pejuang dimasa lalu itu berjuang melawan penjajahan. Tetapi tantangan ke depan tetap ada. Nah UMKM ini tantangannya dalam konteks sekarang dinamika Covid-19. Mereka untuk berusaha tentu memiliki tantangan yang berbeda," kata Sri Jumiadatin.

Sri Jumiadatin berharap semangat Hari Pahlawan itu menjadi semangat dan motivasi bagi UMKM menjadi pahlawan dalam konteks pembangunan perekonomian bukan hanya ekonomi rumah tangga, tetapi juga daerah.

"apalagi mengingat ada 3000 lebih UMKM yang terdata di kabupaten Sekadau itukan potensi yang luar biasa.
Jika mereka berusaha saja di 50 jenis produksi, bisa dimulai dari makanan, oleh-oleh, jasa, itu merupakan potensi ekonomi yang luar biasa ditambah lagi adanya pembangunan UKM center," tambahnya.

Sri Jumiadatin juga berharap, UKM center yang saat ini sedang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau dapat dimanfaatkan tidak hanya sebagai arena pajangan produk tetapi juga tempat berjualan, pusat pelatihan.

" Mereka itu diharapkan menjadi pahlawan ekonomi tidak hanya saat ini tetapi juga di masa yang akan datang. Kita tidak berjuang fisik tetapi kita berjuang bagaimana membangun  dan memberdayakan ekonomi kita," tutup Sri Jumiadatin.

UMKM khususnya dibidang pengolahan makanan juga diharapkan dapat memanfaatkan kekayaan alam. Seperti memanfaatkan buah-buahan khas menjadi dodol, dan umbi-umbian yang masih mudah di dapat, seperti ubi dan keladi. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved