Breaking News:

Muda Mahendrawan Nilai Satgas Desa Tangkal Covid-19 Dorong Strategi 'Kepong Bakul'

Tentu langkah yang dilakukan seperti hari ini pencanangan desa tangkal Covid-19 supaya terukur kerja-kerjanya

TRIBUN PONTIANAK/ MUZAMMILUL ABRORI
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat menghadiri acara Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 di Wilayah Kodam XII/Tanjungpura, di Kantor Desa Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, pada Senin 2 November 2020. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri acara Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 di Wilayah Kodam XII/Tanjungpura, di Kantor Desa Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, pada Senin 2 November 2020.

Dan Pencanangan inipun dilakukan secara serentak diseluruh desa yang ada di wilayah Kalimantan Barat, guna mewujudkan desa Mandiri dan Sehat bebas Covid 19.

Menurut Muda, dengan menyasar langsung ke setiap desa dalam pencegahan Covid-19, hal itupun dirasakan sangat tepat.

Sebab, dengan pembentukan Satgas disetiap desa akan cepat dilakukan langkah-langkah yang lebih terukur, dan dapat menyasar langsung ke rumah-rumah tangga.

"Memang ini mendarat, maksudnya langsung ke sasaran seperti rumah tangga. Karena kita di Kubu Raya juga sejak maret dulu sudah langsung menyasarkan ke desa," terang Muda Mahendrawan.

"Kenapa? Karena lebih terukur kerja-kerjanya, dan kita langsung minta gugus tugas desa langsung kerja dan memperkuat RT/RW, Dusun, tenaga kesehatan, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, sehingga kita awal-awal fase dulu dimana dulu ada istilah ODP segala macamnya itu cepat dilakukan langkah-langkah yang lebih terukur. Dan kalau kita kerja ini berdasarkan kecamatan itu akan terlalu luas wilayahnya," tambah Muda Mahendrawan.

Dengan menyasar langsung kerumah-rumah tangga, kata Muda pengendalian Covid-19 akan lebih mudah dilakukan.

Karena itu, dirinya pun berharap setiap kepala rumah tangga dapat menavigasikan atau mengendalikan setiap anggotanya.

"Sehingga inikan tinggal memberikan edukasi bagaimana mereka bisa menavigasi didalam kondisi rumah tangganya,"

Baca juga: Tinjau Persiapan Pilkada, Yessy Melania Bagikan APD dan 100 PCS Masker di Sintang

"Menavigasi itu artinya mengendalikan, misalkan ada kondisi dimana disitu ada lansia, atau ada sepupunya dirumah itu yang memiliki penyakit bawaan. Nah itu dia harus paham keluarganya tidak boleh berkerumunan karena rentan untuk terindikasi," sampainya.

Baca juga: Sungai Ringin Sekadau Jadi Desa Tangkal Covid-19

Muda Mahendrawan menilai, dengan ditambah dorongan dari Kodam XII/Tanjungpura dalam Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dapat menjadi upaya bersama melakukan pencegahan-pencegahan yang benar-benar itu terpetakan dengan baik.

"Tentu langkah yang dilakukan seperti hari ini pencanangan desa tangkal Covid-19 supaya terukur kerja-kerjanya," jelas Muda Mahendrawan.

"Inikan kepong bakul sebenarnya, strategi kepong bakol seperti itulah gambarannya. Bahwa semua elemen itu bergerak, dengan rasa tanggung jawab, tanpa harus diperintah, tetapi karena panggilan nurani dia harus melindungi,"

"Disinilah sebenarnya strateginya kita kepong bagaimana supaya ada pencegahan-pencegahan yang benar-benar itu terpetakan dengan baik," tuturnya.

Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved