Breaking News:

Tips Jaga Kesehatan Mental, Umi Kalsum: Remaja Harus Sadar Sedari Dini

Beradaptasi dengan perubahan, seperti perubahan hormon, bentuk tubuh, psikologis dan lingkungan sosialnya.

Penulis: Rizki Fadriani | Editor: Jamadin
TRIBUN PONTIANAK/ RIZKI FADRIANI
Triponcast (Tribun Pontiana Official Podcast) edisi Bebincang Sehat kali ini menghadirkan seorang Psikolog yang membahas tentang  bagaimana “Menjaga Kesehatan Mental Remaja”, dengan narasumber Psikolog Klinis RSJ Daerah Sungai Bangkong Provinsi Kalbar, Umi Kalsum  M. Psi, Psikolog, Rabu 21 Oktober 2020.  

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK  – Ada yang beda nih Tribuners, Triponcast (Tribun Pontiana Official Podcast) edisi Bebincang Sehat kali ini menghadirkan seorang Psikolog yang membahas tentang bagaimana “Menjaga Kesehatan Mental Remaja”. 

Telah hadir secara langsung Psikolog Klinis RSJ Daerah Sungai Bangkong Provinsi Kalbar, Umi Kalsum M. Psi., Psikolog, untuk menjawab semua pertanyaan yang selama ini mungkin sering diacuhkan oleh remaja, atau bahkan orang dewasa yang beranggapan jika untuk mengunjungi psikolog adalah hal yang tabu. 

Umi, menegaskan jika konsultasi kepada psikolog merupakan hal penting untuk menjadikan kita pribadi yang bermental sehat.

Tercatat di tahun 2019, lebih dari 1000 orang telah melakukan konsultasi ke RSJ Daerah Sungai Bangkong Provinsi Kalbar, ini membuktikan jika dewasa ini masyarakat telah lebih peduli dengan kesehatan mental mereka.

Dan tercatat pada tahun 2018, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pernyataan bahwa setengah dari gangguan mental yang diidap orang dewasa terbentuk sebelum mereka berusia 14 tahun.

Bahkan, sekitar 15 persen anak remaja di negara-negara berkembang pernah berniat untuk melakukan bunuh diri. 

Ini dibenarkan oleh Umi, menurutnya diusia remaja banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri seseorang, seperti perubahan hormon, bentuk tubuh, psikologis dan lingkungan sosialnya.

Hal inilah yang terkadang menjadi pemicu adanya gangguan pada kesehatan mentalnya.

Untuk itu, ia memberikan tips agar para remaja dapat menjaga kesehatan mental dengan cara beradaptasi dengan semua perubahan yang terjadi. 

Baca juga: Puskesmas Semitau Pantau Kesehatan Ibu Hamil

“Beradaptasi dengan perubahan, seperti perubahan hormon, bentuk tubuh, psikologis dan lingkungan sosialnya. Masa remaja juga mencari jati diri dan teman yang baik, itu yang akan membawa kita ke yang positif. Proses berapatasi ini harus bisa dikontrol dengan baik,” jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved