Pandemi Covid-19, IBI Kota Pontianak Siapkan Kader untuk Pelayanan Ibu Hamil dan Melahirkan

Ia mengatakan bahwa khusus untuk pelayanan pagi hari dikhususkan untuk pelayanan ibu hamil dan bayi serta lansia yang tentu butuh perhatikan khusus.

Penulis: Anggita Putri | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Muhammad Rokib
Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Pontianak, Ida Nurul Aini, A.Md.Keb.SKM. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Pontianak, Ida Nurul Aini mengatakan pada masa pandemi Covid-19 untuk pelayanan ibu hamil di Kota Pontianak tentu menjadi perhatian khusus.

Ia mengatakan pada masa pandemi IBI Kota Pontianak juga telah menyusun jadwal untuk pelayanan untuk ibu hamil dimasa pandemi Covid-19 tentu berbeda dengan waktu normal yang bisa datang setiap hari untuk memeriksakan kehamilannya .

“Namun untuk sekarang kami batasi untuk pelayanan seminggu tiga kali dengan waktu ditentukan dari 07.30 sampai 09.00 WIB. Lalu kunjungan pasien hanya 10 orang sehingga tidak lama menunggu dan menghindari kerumunan di puskesmas ,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa khusus untuk pelayanan pagi hari dikhususkan untuk pelayanan ibu hamil dan bayi serta lansia yang tentu butuh perhatikan khusus.

“Jadi kami usahakan untuk pelayanan tidak bergabung untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa untuk pelayanan yang menjadi perhatian khusus seperti ibu hamil tentu menpunyai ruang pelayanan sendiri di tempat Pelayanan Kesehatan .

“Kalau untuk imunisasi juga ada ruang sendiri supaya tidak kontak dengan pasien lain . Jadi pasien datang segera dilayani dan setelah itu langsung pulang,” ujarnya.

Ia mengatakan pelayanan yang dilakukan semakin ketat karena virus Covid-19 tidak nampak pada penularannya yang bisa menularkan antar manusia.

“Sekarang sudah masuk gelombang kedua pandemi Covid-19 di Kalbar dan banyak sekali kluster perkantoran muncul .Kami tetap terapkan protokol kesehatan yang lebih ketat lagi,” ujarnya.

Ia menjelaskan untuk persiapan menuju persalinan ibu hamil sudah disiapkan kader kesehatan yang tergabung dalam group whatsapp untuk kordinasi darurat.

Baca juga: Wakil Bupati Mempawah Pinta Warga Patuhi Perbup 50 Tahun 2020 Cegah Penyebaran Covid-19

“Kami juga ada group Whatsapp dan ibu yang ada keluhan bisa masuk grub untuk menyampaikan keluhan dan nanti ada kunjungan rumah bersama dengan kader kesehatan ,” jelasnya.

Selain itu tentu persiapan persalinan dimasa pandemi Covid-19 tentu berbeda dengan masa normal pada biasanya.

“Pada usia kehamilan 36-40 minggu kami ada pendampingan untuk kesehatan ibu hamil ,anak balita dan lansia . Jadi kami fokus kesitu dan dimonitor menalui grup dan diberikan pendampingkan, ujarnya.

Ia mengatakan sampai saat ini jumlah Bidan di Kota Pontianak yang terdaftar di IBI Kota Pontianak sebanyak 778 orang bertugas semua lini baik yang PNS maupun Non PNS.

Dikatakannya pada Masa pandemi Covid-19 ada 8 bidan di Kota Pontianak yang dinyatakan Positif Covid-19 yakni pada pelayanan dasar 3 orang , Pelayanan lanjutkan sebanyak 5 orang. Namun sudah dinyatakan sembuh. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved