Breaking News:

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalbar Suib Dorong Pengembangan Potensi Perekonomian di Perbatasan

perencanaan Pembuatan Smilter harus di lakukan karena hasil alam di Kalbar dan Indonesia menjadi selera pasar internasional

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Zulkifli
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/Suib
Komisi II dan pimpinan DPRD ke daerah perbatasan saat melakukan monitoring ke Perbatasan Kalbar belum lama ini. -- 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalbar, Suib mendorong agar potensi perekonomian yang ada di masyarakat perbatasan seperti Entikong, Sanggau dapat dikembangkan luas oleh pemerintah.

Hal tersebut dikemukakan oleh politisi Hanura ini usai melakukan monitoring bersama jajaran Komisi II dan pimpinan DPRD ke daerah perbatasan.

"Di saat pandemi covid ini kita minta pemerintah Malaysia khusus komoditi hasil masyarakat perbatasan di Entikong bisa masuk ke Malaysia dan barang Malaysia terutama sembako bisa masuk ke wilayah perbatasan Entikong, karena ini untuk memenuhi kebutuhan hari-hari masyarakat di sana," katanya, Minggu (13/09/2020) kepada Tribun.

Sahkan Perda Pertambangan, Suib Apresiasi Gubernur Sutarmidji

"Kita akan menginventarisasi potensi ekonomi perbatasan termasuk yang mana yang menjadi kewenangan Pemprov, yang selanjutnya dari semua potensi dan kewenangan itu jika perlu diikat dengan regulasi pasti kita akan lakukan karena ini masa depan masyarakat kita," tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, perencanaan pembuatan Smelter harus dilakukan karena hasil alam di Kalbar dan Indonesia menjadi selera pasar internasional.

"Tapi selama kita tidak bisa mengolah bahan baku menjadi setengah jadi maka proses ekspor tidak berjalan karena ini amanah UU, sehingga dampaknya sekarang di Entikong itu barang dari luar lebih mendominasi. 

Kita hanya tertentu saja yang bisa masuk itu pun terbatas, paling ikan segar, lada, dan beberapa lagi, sangat terbatas," tutup Suib. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved