Breaking News:

Lewat Action Figure, Wira Tembus Pasar Internasional

Satu action figur karyanya dijual dari harga sekitar Rp 500 ribu hingga termahal yang pernah dibuatnya Rp 35 juta.

TRIBUNPONTIANAK/RIZKI FADRIANI
Triponcast (Tribun Pontianak Official Podcast) edisi Bebincang Bisnis, Wira menceritakan jika action figur tersebut membutuhkan detail dan kreativitas yang tinggi, sebab customer tersebut menciptakan karakter monster yang diimajinasikannya dan ingin direalisasikan lewat karya Wira. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Action figure atau figur karakter menjadi hobi mewah yang kian digilai oleh sebagian orang. Figur berukuran kecil ini dirancang dengan model tertentu sehingga lebih menarik dengan detail yang menyerupai bentuk aslinya, dan tak heran jika harga dan pasar yang dijangkau pun melampaui pasar nasional, bahkan Owner Wira Sculpt Painting, Wira Pahlevi mengungkapkan jika orderan termahalnya mencapai Rp 35 juta dari Massachusetts.

Dalam Triponcast (Tribun Pontianak Official Podcast) edisi Bebincang Bisnis, Wira menceritakan jika action figur tersebut membutuhkan detail dan kreativitas yang tinggi, sebab customer tersebut menciptakan karakter monster yang diimajinasikannya dan ingin direalisasikan lewat karya Wira.

"Action figur monster, karakter original dari customer. Jadi bukan orang lokal dan minta terjemahkan dari isi kepalanya ke dalam bentuk action figur. Tidak semua customer memberikan contoh tapi ada juga yang memberikan gambar atau sketsa. Lalu dikembangkan sesuai dengan keinginan customer," ungkapnya dalam Triponcast, Kamis, (10/9/2020).

Satu action figur karyanya dijual dari harga sekitar Rp 500 ribu hingga termahal yang pernah dibuatnya Rp 35 juta.

Angka tersebut didapat dari detail pengerjaan dan tingkat kesulitannya.

Begini Strategi Bisnis dan Branding Ala 1O1 Coffe House

Baginya, harga untuk sebuah action figur tentatif sesuai dengan senimannya, karena yang dibutuhkan ialah tingkat kreativitasan dan skill.

Ia menjelaskan jika untuk membuat bola mata saja memerlukan teknik agar menghasilkan bentuk yang nyata dan tidak semua orang bisa mengerjakannya, untuk satu bola mata dihargai Rp 200 ribu.

Ia mengakui jika hampir semua customernya sangat loyal dan tak segan mengeluarkan uang ekstra untuk memuaskan hobi.

Waktu pengerjaannya pun cukup singkat, mengingat ia telah terjun ke dunia action figur sudah 10 tahun, sehingga.

"Kalau dihitung dari mood dan pengerjaan satu action figure bisa 5 hari, pernah mengerjakan satu action figure dalam mood full hanya 4 jam dengan kondisi santai, yaitu action figur Kamen Rider dan bahkan pernah membuat figur Snake dalam serial Gi Joe dalam satu jam," jelasnya.

Baginya ini adalah hobi yang dapat menghasilkan dan sudah 6 tahun belakangan ini, ia berhasil dihidupi oleh hobinya tersebut. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved