Breaking News:

Gunakan Baju Adat Dayak Iban Saat Hadiri Upacara Bendera, Angeline Fremalco: Ingin Mengenalkan

Ia mengatakan melalui konsep busana yang dikenakannya ia ingin mengenalkan bahwa Dayak Iban yang sebagian besar ada di Kapuas Hulu.

Tribunpontianak.co.id/Anggita Putri
Foto Anggota DPRD Provinsi Kalbar Angeline Fremalco tampak menggenakan baju adat Dayak Iban Kapuas Hulu saat mengikuti Penaikan Bendera Merah Putih peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Senin (17/8/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Anggota DPRD Provinsi Kalbar Angeline Fremalco tampak menggenakan baju adat Dayak Iban Kapuas Hulu saat mengikuti Penaikan Bendera Merah Putih peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020 di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Senin (17/8/2020).

Angeline menyampaikan bahwa Kemerdekaan RI hari ini dengan suasana berbeda dari tahun sebelumnya.

“Mungkin tidak meriah seperti tahun sebelumnya, tapi tidak mengurangi makna bahwa kita mensyukuri kemerdekaan ini,” ujarnya.

Ia berharap mudah- mudahan di hari Kemerdekaan RI ini rasa positif dalam menghadapi dan melawan pandemi covid-19 semakin meningkat.

Wagub Kalbar Ria Norsan Maknai Perayaan HUT Ke-75 RI Dengan Penuh Haru Bercampur Sedih

Namun terlepas dari tidak ada perayaan. Diharapkannya tidak menyurutkan semangat dan rasa nasionalisme masyarakat Indonesia.

Walaupun upacara penaikan bendera di Halaman Kantor Gubernur digelar dengan terbatas. Namun dirinya tetap tampil totalitas mengenakan baju Adat Dayak Iban Kapuas Hulu.

Ia mengatakan melalui konsep busana yang dikenakannya ia ingin mengenalkan bahwa Dayak Iban yang sebagian besar ada di Kapuas Hulu.

“Walau belum terlalu terbiasa menggunakannya, saya ingin mengenalkan bahwa Kalbar ada suku yang namanya Dayak Iban,” ujarnya.

Ia menjelaskan baju yang ia kenakan adalah desain asli orang Kalbar. Diakuinya walaupun agak ribet tapi ia tetap ingin menggunakan secara full. Mulai dari pakaian, aksesoris dan mahkotanya.

“Saya ingin pakai full biar nampak dayak Iban kebetulan suami saya orang Kapuas Hulu.
Jadi saya cukup tau suku dayak di Kapuas Hulu,” ujarnya.

Dikatakannya tentu harapan yang ia sematkan di Hari Kemerdekaan hari ini. Ia ingin bangsa ini bangkit dari keterpurukan setelah pandemi covid-19.

“Kita harus saling bersama bahu membahu jangan saling mencerca dan mecari kesalahan, tapi gimana kita berkontribusi bangun dari keterpurukan,” ujarnya.

Ia menambahkan karena pandemi membawa akibat yang sangat luar biasa terutama berdampak pada ekonomi yang down.

“Jadi rasa optimisme lah yang harus kita tumbuhkan dalam menyambut kemerdekaan RI,” pungkasnya. (*)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved