Citizen Reporter

Perayaan Misa Pesta Santo Dominikus de Guzman

Santo Dominikus adalah Petani Kristus yang bekerja di kebun Yesus untuk membantu-Nya.

Citizen Reporter
Samuel, Komsos Keuskupan Agung Pontianak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Santo Dominikus adalah Petani Kristus yang bekerja di kebun Yesus untuk membantu-Nya.

Ia mewartakan harapan, setidaknya itulah isi homili yang disampaikan oleh wakil Minister Kapusin Pontianak, Pastor William Chang, OFMCap dalam misa Pesta Santo Dominikus de Guzman.

Sabtu 8 Agustus 2020 di biara Dominikan Jl. Palapa III C No. 2 RT.04 /22 BMD Pontianak Selatan. telah diadakannya misa pesta Santo Dominikus de Guzman.

Misa perayaan ini dihadiri oleh Mgr. Agustinus Agus Uskup Agung Pontianak, kemudian dipimpin langsung oleh saudara dina Kapusin Pontianak P. William Chang, OFMCap wakil Minister Provinsial Kapusin Pontianak didampingi dan diikuti oleh imam Dominikan Pontianak antara lain, P. Johanes Robini Marianto, OP., P. Andreas Kurniawan, OP., P. Edmund Nantes, OP., P. Mingdry Hanafi, OP dan Pastor Sabinus, CP (Kongregasi Passionis), diikuti oleh para suster Dominikan Pontianak beserta Dominikan Awam.

Pesta hari St. Dominikus de Guzman yang dilangsungkan pada pukul 17.00 WIB. Meskipun masih kondisi pandemi Covid-19.

Hal itu tidak menyurutkan semangat untuk menglangsungkan Perayaan Hari Raya Santo Dominikus de Guzman tahun 2020 yang diikuti juga oleh seluruh Dominikan Pastor, Suster dan Dominikan Awam Indonesia dengan via Zoom.

Sebelum misa dimulai, dalam kesempatan wawancara bersama Pastor Johanes Robini Marianto, OP.

Ia mengatakan bahwa “menurut tradisi kuno, antara kedua ordo ini yaitu Dominikan dan Fransiskan untuk Perayaan St. Dominikus de Guzman (8 Agustus) maka yang menjadi pemimpin misanya harus dari ordo Fransiskan dan sebaliknya, jika pada tanggal (4 Oktober) tepat pada Pesta St. Fransiskus dari Assisi maka yang memimpin misa adalah dari Ordo Dominikan,” katanya Sabtu (8/8/2020).

Unit Jatanras Sat Reskrim Polresta Pontianak Kota Tangkap Pencuri Viral di Media Sosial

Suasana sore itu bersama dengan keheningan pesta St Dominikus dilansungkan dimana acara dimulai dengan perarakan dan diiringi dengan nyanyian merdu dari para suster Dominikan.

Dalam homili Pastor William Chang, OFMCap, ia mengatakan bahwa ada Seorang seniman yang hidup satu abad setelah Dominikus.

Ia pernah menulis tentang Santo Dominikus kurang lebih seperti Petani Kristus yang bekerja di kebun Yesus untuk membantu-Nya.

Salah satu kesaksian antara lain berbunyi demikian, Santo Dominikus terbukti dimana-mana menjadi pria yang hidup menurut injil, dalam kata dan perbuatan.

Dalam siang hari tidak ada yang lebih ramah, tidak ada yang lebih lemah lembut kepada saudara dan orang lain.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved