Breaking News:

Daftar Wilayah Berpotensi Alami Kekeringan hingga Agustus: Termasuk Surabaya, Denpasar dan Cirebon

Dalam hasil monitoring tersebut, wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami kekeringan meteorologis dengan berbagai kategori di antaranya adalah

Editor: Nasaruddin
KOMPAS
ilustrasi kekeringan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Dalam periode musim kemarau 2020 ini, sejumlah wilayah di Indonesia diperkirakan berpotensi mengalami kekeringan meteorologis hingga awal Agustus mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berdasarkan hasil monitoring kejadian hari kering berturut-turut dan prediksi probabilistik curah hujan dasarian.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Drs Herizal MSi dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan, terdapat indikasi potensi kekeringan meteorologis hingga dua dasarian ke depan dengan status waspada hingga awas.

Untuk diketahui, per dasarian adalah 10 hari dalam waktu per bulan.

Dalam hasil monitoring tersebut, wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami kekeringan meteorologis dengan berbagai kategori di antaranya adalah sebagai berikut:

Daftar Guru Penggerak Kemendikbud 2020, Klik Sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id atau Kemdikbud.go.id

Kategori wilayah waspada kekeringan

1. Bali: Kota Denpasar

2. Jawa Barat: Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Cirebon

3. Jawa Tengah: Kabupaten Demak dan Kabupaten Karanganyar

4. Jawa Timur: Kabupaten Blitar, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jember, Kota Surabaya, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Trenggalek

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved