Kemendikbud Janjikan Bantuan UKT / SPP Rp 2,4 Juta/Mahasiswa Semester Gasal, Berikut Persyaratannya

Adapun sasaran penerima bantuan adalah mahasiswa semester 3, 5 dan 7, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

TRIBUN PONTIANAK/Anggita Putri
Ilustrasi - Aksi demonstrasi mahasiswa IKIP PGRI Pontianak menuntut penurunan biaya kuliah di Halaman Kampus IKIP PGRI Pontianak, pada Kamis (18/6/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI menjanjikan bantuan untuk meringankan mahasiswa yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan Rp 2,4 juta dijanjikan Kemendikbud untuk meringankan pembayaran Uang Tunggal Kuliah (UKT) atau Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) semester gasal tahun akademik 2020/2021.

Adapun sasaran penerima bantuan adalah mahasiswa semester 3, 5 dan 7, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud RI, Ainun Na'im dilansir Tribun Pontianak dari kemdikbud.go.id menyatakan, pihaknya menyasar total 410 ribu mahasiswa semester 3, 5 dan 7 PTN dan PTS.

Tanggal 13 Juli Masuk Sekolah PAUD/TK, SD, SMP dan SMA/SMK 2020/2021, Ini Penjelasan Kemendikbud

Di Depan DPR RI, Menteri Pendidikan Nadiem Sebut Metode Pembelajaran Jarak Jauh akan Permanen

Rektor Untan Pontianak Sepakat Turunkan Biaya UKT Mahasiswa Terdampak Covid-19

Adapun sumber dana untuk bantuan ini yakni berasal dari penggunaan anggaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah pada Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan.

"Mulai hari ini kuota masing-masing perguruan tinggi sudah dibagikan. Bantuan ini akan diberikan dengan proporsi 60% dialokasikan ke perguruan tinggi swasta, dan 40% dialokasikan ke PTN," jelas Ainun Na'im, di Jakarta, pada Kamis (02/07) kemarin.

Untuk itu, Sesjen Kemendikbud mengimbau PTN dan PTS segera melakukan pendataan terhadap mahasiswa yang membutuhkan bantuan UKT ini.

Selanjutnya, PT mengusulkan kepada Kemendikbud agar mahasiswa tersebut dapat memperoleh kepastian pembayaran UKT pada semester gasal tahun ini.

Adapun syarat penerima bantuan UKT (SPP), yakni:

1. Mahasiswa yang orangtua/penanggung biaya kuliah mengalami kendala finansial karena terdampak pandemi COVID-19 dan tidak sanggup membayar UKT/SPP semester gasal tahun akademik 2020/2021.

Halaman
123
Penulis: Haryanto
Editor: Haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved