Warga Desa Mega Timur di Kubu Raya Keluhkan Limbah Pabrik Pengolahan Sawit

Hal itupun sontak menjadi perhatian satu diantara anggota DPRD Kubu Raya komisi 3, Yoga Irawan.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Limbah pabrik yang ditimbulkan dari pengelohan sawit 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Warga Desa Mega Timur, kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya mengeluhkan limbah pabrik yang ditimbulkan dari perusahaan pengelohan sawit.

Menurut warga sekitar, limbah pengolahan sawit dari perusahaan itu dibuang disekitar Sungai Kapuas, sehingga mengakibatkan air pun tercemari oleh limbah pabrik.

Bahkan lebih parahnya, menurut kesaksian warga, pabrik itu juga mengeluarkan asap hitam yang pekat.

Sehingga debu yang timbul dari asap pengolahan sawit tersebut menyebar ke pemukiman warga.

Hal itupun sontak menjadi perhatian satu diantara anggota DPRD Kubu Raya komisi 3, Yoga Irawan.

Dirinya menyatakan, telah melakukan sidak untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat tersebut, dengan mendatangi langsung perusahaan sawit itu.

Senator Kalbar Minta Perusahaan Perhatikan Dampak Lingkungan dari Konsesi Sawit di Desa Melaya

"Berdasarkan keluhan Warga tersebut, saya bersama Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kubu Raya telah mendatangi dan Lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) guna menindak lanjuti keluhan Warga kepada Komisi 3 DPRD Kubu Raya,” terang Yoga ketika ditemui Awak Media, pada Senin (29/06/2020).

Yoga yang juga merupakan anggota legislatif dapil Sungai Ambawang dan kecamatan Kuala Mandor B mengatakan, dari hasil sidak yang dilakukan, memang ditemukan beberapa kejanggalan dalam pengolahan limbah dari perusahaan sawit tersebut.

Dirinya juga mengungkapkan, memang perusahaan tersebut memiliki kolam pengolahan, tetapi kolam pengolahan yang dimiliki perusahaan terlihat dibuat asal-asalan dan tidak sesuai standar Amdal.

“Hal itu diakui sendiri oleh pihak Perusahaan dan Badan Lingkungan Hidup sehingga limbah yang dihasilkan dari Pengolahan Sawit diduga mencemari lingkungan masyarakat setempat,” ungkap Yoga.

Halaman
12
Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved