Raih Predikat WTP Sembilan Kali Beruntun, Hendro: Terus Evaluasi dan Perbaiki Catatan dari BPK

Kalau memang lupa para PPTK harus mempelajari lagi lah aturan-aturan yang menjadi dasar penyusunan anggaran

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Walikota Pontianak, Edi Kamtono Tandatangani Berita Acara Penerimaan LHP LKPD Tahun Anggaran 2019 melalui video conference di Ruang Pontive Center Kantor Wali Kota Pontianak, Senin (29/6/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pontianak, Hendro Subekti mengatakan meskipun pemerintah kota Pontianak telah meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 terdapat sejumlah catatan yang akan diperbaiki.

Misalnya terdapat temuan-temuan di dalam penggunaan anggaran untuk dapat dicermati agar tidak terjadi kembali pada tahun berikutnya.

Pemkab Sintang Kembali Raih Opini WTP dari BKP, Jarot: Ini Hasil Kerja Bersama dan Jangan Korupsi

"Ada beberapa hal yang perlu dicermati oleh TAPD dan OPD sebagai perencana awal. Kami akan terus melakukan pengawasan, mengawal dan mengarahkan para OPD dalam penggunaan anggaran," ujar Hendro Subekti.

Ia mengatakan bukan tidak mungkin beberapa pejabat di masing-masing OPD seperti Kasubag Perencanaan atau Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) belum mendapatkan informasi terbaru sehingga perlu mempelajari kembali dalam menggunakan anggaran.

"Kalau memang lupa para PPTK harus mempelajari lagi lah aturan-aturan yang menjadi dasar penyusunan anggaran," ujar Hendro Subekti.

Ia menerangkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pertemuan dan melakukan rapat internal untuk melakukan evaluasi atas penilaian BPK terhadap laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2019.

"Besok kami akan rapat tim intern untuk menyusun langkah apa yang akan dilakukan pada tahun depan," ujarnya.

Ia mengatakan akan memetakan mana saja kelemahan yang sudah kelihatan pada tahun 2019 sehingga menjadi dasar dalam penggunaan anggaran pada tahun 2020.

"Kita akan minimalisir kekurangan itu supaya tidak muncul lagi," ujar Hendro Subekti.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved