Opini

Who Is The Big Bos? Covid-19

Sudah kurang lebih 3 bulan covid-19 menghantui kehidupan manusia di Dunia ini, berbagai protocol kesehatan dan kebijakan negara sudah...

AFP
Ilustrasi Virus Corona. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sudah kurang lebih 3 bulan covid-19 menghantui kehidupan manusia di Dunia ini, berbagai protocol kesehatan dan kebijakan negara sudah diberlakukan, banyak negara yang sudah melewati puncak pandemi tetapi masih sulit untuk menuju kehidupan normal yang baru.

WHO sudah mengeluarkan kriteria-kriteria agar negara yang terjangkit dapat mulai berpikir langkah-langkah untuk memulai "New Normal"

Covid-19
TRIBUNFILE/IST

Di tahun 2020 ini seluruh dunia mendapat teguran keras dari sang pencipta, kehadiran virus COVID-19 membawa perubahan yang sangat luar biasa sampai akan terbentuknya “New Normal” di kehidupan jaman sekarang.

Mengapa COVID-19 bisa sampai mendunia seperti itu dan kenapa sampai mengganggu seluruh sektor kehidupan, tidak lain karena penyebarannya yang sangat cepat, dan ketidaksiapan semua negara dalam menanggulangi bahaya COVID-19.

Dari sektor Kesehatan contohnya, karena salah satu usaha memutus rantai penyebaran virus ini adalah social distancing, maka bebagai bidang ilmu kedokteran mengedukasi pasien-pasiennya untuk menunda berobat jika tidak emergensi.

Dari segi penanganan dan perawatan pasien pun ikut berubah, harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) selengkap-lengkapnya dan idealnya dirawat di ruangan khusus seperti isolasi tekanan negative.

Dari cara masuk ke Rumah Sakit pun sangat beragam, dari yang hanya menggunakan skrining quisioner Kesehatan, pemisahan pasien bergejala influenza, peniadaan jam berkunjung, sampai pemberlakuan kewajiban untuk rapid test sebelum masuk ke rumah sakit.

Sektor lain seperti perkantoran pun ikut terkena dampak nya, pemberlakuan Work From Home (WFH) tentunya bisa menyulitkan bagi sebagian besar karyawan.

Dampak wabah covid-19
Dampak wabah covid-19 (TRIBUNFILE/IST)

Lalu pembatasan pertemuan-pertemuan, pembatasan event-event besar, sampai dengan pembatasan pergerakan antarkota dan antarnegara.

Sektor perindustrian juga ikut terkena dampaknya, penutupan berapa perkantoran yang awalnya dikatakan hanya 2 minggu berlanjut sampai beberapa bulan, terhitung sejak 20 maret 2020 Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan seruan tegas untuk menutup perkantoran dan sekolah selama 14 hari awalnya lalu di perpanjang sampai rencana untuk dibuka pada awal bulan juni 2020.

Covid-19
(TRIBUNFILE/IST)
Halaman
1234
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved