Pilkada 2020 Dinilai JPPR Kalbar Riskan Dilaksanakan

kami sudah berupaya menyampaikan ke koordinator Nasional JPPR membuat sebuah analisa

Pilkada 2020 Dinilai JPPR Kalbar Riskan Dilaksanakan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Korwil Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kalbar, Ajie Kurniawan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Korwil Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kalbar, Ajie Kurniawan menilai jika pilkada 2020 yang bakal dilaksanakan pada desember 2020 ini masih sangat riskan untuk dilaksanakan.

Sebelumnya, ia pun mengungkapkan jika sudah sewajarnya penyelenggara pemilu mempersiapkan panitia ad hoc harus dikaji dan menerapkan sistem pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

"Jika panitia ad hoc punya riwayat sakit sangat tidak mungkin untuk turun lapangan di tengah pandemi seperti ini," kata Ajie Kurniawan, Minggu (7/6/2020).

Pilkada Serentak 9 Desember 2020, Joni Sianturi: Anggaran Tersedia

"JPPR menyoroti pilkada kali ini sangat riskan untuk dilakukan, kami sudah berupaya menyampaikan ke koordinator Nasional JPPR membuat sebuah analisa," timpal Ajie Kurniawan

Bertaruh nyawa di pilkada 2020, kata dia, bukan berarti terjadinya konflik sosial atau konflik politik namun pandemi covid-19 menjadikan konflik kesehatan bagi penyelenggara, bagi peserta dan seluruh lapisan masyarakat.

"Perlu dipertimbangkan betul protokol kesehatan yang harus dilakukan jika pemerintah menetapkan Desember ini, berarti pemerintah sudah siap dengan segala resiko baik kejadian nanti maupun anggaran penyelenggara," katanya.

Selain itu, ia pun menilai partisipasi pemilih juga menjadi masalah tersendiri nantinya.

"Selanjutnya terkait partisipasi pemilih akan menjadi tantangan tersendiri dalam Pilkada 2020, karena animo masyarakat saat ini lebih terkonsentrasi pada pemulihan ekonomi dan menjaga kesehatan," pungkas Ajie Kurniawan.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved