Idul Fitri 2020

Minta Warga Tak Takbir Keliling Sambut Lebaran Idul Fitri 2020, Menag Fachrul Razi Sarankan Ini

Sebaliknya, Fachrul mengajak umat Islam menggelar takbir Idul Fitri di rumah, mengingat penyebaran Covid-19 masih tinggi

kemenag.go.id
Menteri Agama RI, Fachrul Razi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi meminta masyarakat untuk tak melakukan takbir keliling menyambut Lebaran tahun ini.

Sebaliknya, Fachrul mengajak umat Islam menggelar takbir Idul Fitri di rumah, mengingat penyebaran Covid-19 masih tinggi.

"Yang biasanya kita lakukan takbir keliling sebaiknya tidak usah. Saya sarankan tetap takbir di rumah saja," kata Fachrul melalui video telekonferensi dipantau dari Youtube BNPB, Kamis (21/5/2020).

Meski begitu, Fachrul berharap masjid-masjid dan mushalla dapat menggaungkan takbir melalui pengeras suara.

Hal ini untuk menciptakan suasana gembira menyambut Hari Kemenangan Umat Islam.

"Tapi saya berharap juga masjid-masjid, mushalla-mushalla, bisa menggaungkan takbir ini melalui loud speaker-nya sehingga betul-betul kegembiraan menyambut hari raya Idul Fitri itu tidak hilang," ujar Fachrul.

Fachrul pun mengingatkan masyarakat untuk shalat Idul Fitri di rumah, baik secara mandiri maupun berjamaah bersama keluarga inti.

Hal ini penting demi mencegah terjadinya penularan Covid-19.

"Shalat ini sebagaimana kita tahu adalah sunah. Jadi artinya kalau ditinggalkan pun nggak apa-apa," terang Fachrul.

"Tapi sunahnya sunah muakad, artinya sunah yang sangat dianjurkan. Oleh karena itu sebaiknya shalat Idul Fitri ini kita lakukan tapi di rumah saja," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Larang Warga Takbiran Keliling, Menag Minta Masjid Gaungkan Takbir Lewat Pengeras Suara"

Editor: Haryanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved