Sekolah Buka Kembali Dapat Sorotan Federasi Serikat Guru Indonesia dan Minta Kemendikbud Kaji Ulang

Satriwan menyampaikan, pemerintah pusat harus memperbaiki koordinasi, komunikasi, dan pendataan terkait pandemi Covid-19 yang saat ini berlangsung.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Bhabinkamtibmas bertemu anak-anak SDN 9 Kersik Belantian, Jelimpo, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat ( Kalbar ) belum lama ini. Wacana Kemendikbud memuka kembali sekolah Dapat Sorotan dari Federasi Serikat Guru Indonesia. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendibud ) serta beberapa Pemerintah Daerah ( Pemda ) yang merencanakan pembukaan kembali sekolah di zona hijau Covid-19 pada pertengahan Juli 2020 mendatang diminta dikaji ulang.

Pasalnya hal tersebut dinilai terlalu berisiko di tengah pandemi.

Wasekjen Federasi Serikat Guru Indonesia ( FSGI ) Satriwan Salim mengatakan kebijakan pembukaan kembali sekolah di tengah pandemi pada Juli mendatang tersebut mestinya diperhitungkan matang dan tidak terburu-buru.

Terlebih data perihal korban Covid-19 antara Pemerintah pusat dengan daerah sering tidak sinkron.

Jadwal SEKOLAH DIBUKA LAGI - Catat 19 Panduan Pelaksanaan Pola Sekolah Baru, Belajar di TVRI Tamat?

"Jangan sampai setelah suatu daerah ditetapkan sebagai zona hijau atau terbebas dari penyebaran Covid-19, di wilayah tersebut kemudian ditemukan korban positif," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (17/5/2022).

Satriwan menyampaikan, pemerintah pusat harus memperbaiki koordinasi, komunikasi, dan pendataan terkait pandemi Covid-19 yang saat ini berlangsung.

"Dalam hal ini antara Kemenko PMK, Kemenkes, Kemdikbud, Gugus Tugas Covid-19 BNPB, dengan Pemda. Apakah di satu wilayah benar-benar sudah aman dari sebaran Covid-19," katanya lagi.

Satriwan menambahkan salah satu hal yang ditakutkan akibat pembukaan sekolah pada Juli tersebut justru membuat siswa dan guru menjadi korban akibat terpapar virus corona.

Saat disinggung terkait awal tahun ajaran baru, menurutnya tidak perlu dirubah dan tetap jatuh pada Juli 2020.

Namun pelaksaan pembelajaran lebih baik tetap dari rumah baik daring (online) atau luring (offline).

Halaman
1234
Editor: Marlen Sitinjak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved