Bhabinkamtibmas Desa Cupang Hadiri Kegiatan Musdes Penetapan Data Penerimaan BLT-DD

Jumlah kepala keluarga (KK) yang akan mendapatkan BLT-DD di wilayah Desa Cupang sebanyak 115 KK.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
HADIRI - Bhabinkamtibmas Desa Cupang, Polres Sanggau, Bripka Hemy Khoirul Anam mengikuti Musyawarah Desa (Musdes) khusus dalam rangka validasi, finalisasi dan penetapan data penerimaan Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di Aula Kantor Desa Cupang, Selasa (19/5/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Bhabinkamtibmas Desa Cupang, Polres Sanggau, Bripka Hemy Khoirul Anam mengikuti Musyawarah Desa (Musdes) khusus dalam rangka validasi, finalisasi dan penetapan data penerimaan Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di Aula Kantor Desa Cupang, Selasa (19/5/2020).

Jumlah kepala keluarga (KK) yang akan mendapatkan BLT-DD di wilayah Desa Cupang sebanyak 115 KK terdiri dari Dusun Cupang 31 KK, Dusun Kuala Posong 35 KK, Dusun Embawang 36 KK, Dusun Entulun Kuala 13 KK.

Anggaran Dana Desa yang digunakan untuk BLT-DD adalah sebesar 30% dari Pagu Dana desa atau sebesar Rp. 251.307.000.

Adapun acuan daftar penerima BLT-DD adalah berdasarkan data DTKS dari Kemensos RI adalah berjumlah 143 KK, namun jumlah KK tersebut harus disesuaikan kembali berdasarkan jumlah anggaran dana desa yang akan digunakan untuk BLT-DD.

Data DTKS tersebut kemudian diperbaharui/direvisi karena sudah tidak sesuai dengan keadaan dimasyarakat atas persetujuan semua peserta Musdes berdasarkan, perubahan tingkat ekonomi, perubahan status sosial, warga yang sudah meninggal dunia, tetapi masih terdapat dalam data DTKS, sudah termasuk dalam data penerima BST Kemensos RI, Sudah termasuk dalam Penerima PKH dan BPNT.

Data masyarakat yang tidak tercantum dalam data DTKS akan tetapi layak menerima BLT-DD akan dimasukkan dalam data penerimaan BLT-DD berdasarkan data pengajuan dari masing-masing ketua RT kepada Kawil dan kemudian dimasukan ke dalam data penerima BLT-DD.

Warga yang namanya sudah tercantum didalam data penerima BST Kemensos RI dan penerima program PKH atau BNT maka tidak dimasukan kedalam daftar penerima BLT-DD.Jumlah dana yang akan diberikan kepada tiap-tiap KK adalah sebesar Rp 600 ribu selama 3 bulan jadi total dana BLT-DD yang akan diterima adalah sebesar Rp. 1,6 juta.

Viral Kejadian di Siantan Pontianak Utara, Ini Langkah Polda Kalbar

Dana BLT-DD untuk masyarakat terhitung sejak bulan April, Mei dan Juni 2020.

Dana BLT-DD akan disalurkan ketika sudah ada pencairan dari Dana Desa.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Cupang Bripka Hemy Khoirul Anam menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada seluruh perangkat desa yang hadir pada giat Musdes khusus yaitu agar BLT-DD dapat diberikan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan yang terdampak dari Covid-19 berdasarkan data pengajuan dari tiap-tiap Kawil serta dapat dipertanggungjawabkan.

Perangkat desa tidak boleh memotong, memangkas maupun meminta imbalan dari masyarakat penerima BLT-DD dengan alasan apapun juga.

Terkait Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) agar seluruh perangkat desa dapat mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah agar dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

Setelah Data penerima BLT-DD sebanyak 115 KK sudah ditentukan kemudian dilaksanakan penetapan dan dibuatkan berita acara yang ditandatangani oleh semua pihak.

Hadir dalam kegiatan Musdes Khusus tentang pembahasan penerima BLT-DD adalah Camat Meliau diwakili oleh Kasipem Bambang, Kades Cupang Suprapto beserta Staf desa.

Kapolsek meliau diwakili oleh Bhabinkamtibmas Bripka Hemy Khoirul Anam, Babinsa Desa Cupang Sertu Mukandi, Ketua BPD Ds. Cupang Dedi isril, Pendamping Desa Hendi, Koordinator PKH Lusmi, Seluruh Kawil dan Ketua RT Se-Desa Cupang, Seluruh anggota BPD desa Cupang. (*)

Editor: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved