FAKTA di Balik Polemik Belva Devara, Ruangguru dan Kartu Prakerja | Perusahaan Asing Asal Singapura

Selain pemilik saham, data AHU Kemkumham itu juga mengungkap posisi direktur dan komisaris perusahaan ini.

Belva Devara
FAKTA di Balik Polemik Belva Devara, Ruangguru dan Kartu Prakerja | Perusahaan Asing Asal Singapura / ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Nama besar Ruangguru dan Adamas Belva Syah Devara ramai menjadi pembicaraan di tengah langkah pemerintah menerbitkan program ketenagakerjaan, Kartu Prakerja

Pemerintah menyiapkan anggaran yang tak sedikit dalam program Kartu Prakerja yang kini sudah masuk pendaftaran gelombang 2 itu. 

Rencananya, akan ada 30 gelombang pendaftaran dan jutaan warga negara yang menjadi peserta Kartu Prakerja ini. 

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 2 di www.prakerja.go.id

Nah, Ruangguru tak lain adalah perusahaan rintisan teknologi alias startup bidang pendidikan itu, menjadi satu dari delapan mitra platform digital program Kartu Prakerja.

Keterlibatan Ruangguru di program Kartu Prakerja disorot karena salah satu pendiri sekaligus Direktur Utama Ruangguru, Adamas Belva Syah Devara, saat program ini diluncurkan diketahui menjadi satu di antara staf khusus alias stafsus Presiden Joko Widodo.

Posisi Belva Devara sebagai “pejabat publik” dan keterlibatan Ruangguru di proyek pemerintah tersebut dinilai berbau konflik kepentingan.

Secara umum, program Kartu Prakerja adalah program subsidi dari pemerintah bagi kalangan pencari kerja maupun korban PHK.

Hari Ini, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dimulai, Ikuti Langkah & Akses Link Berikut

Setiap pemilik Kartu Prakerja akan mendapatkan total manfaat dana senilai Rp 3,55 juta.

Program ini akan menyasar sekitar 5,6 juta penerima. Alhasil, total dana yang akan diguyur melalui subsidi Kartu Prakerja mencapai Rp 19,88 triliun.

Dari jumlah yang diterima oleh setiap pemilik Kartu Prakerja, sebanyak Rp 1 juta atau totalnya senilai Rp 5,6 triliun mengucur dalam bentuk subsidi pelatihan melalui “kelas online”.

Halaman
1234
Editor: Ishak
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved