Mengenal Sosok Lurah Bansir Darat Pontianak Patrisia Stepania

Cia sapaannya, selalu aktif dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar dan masyarakat binaan khusunya warga Bansir Darat.

TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Lurah Bansir Darat, Patrisia Stepania. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Patrisia Stepania merupakan Lurah Bansir Darat, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Ia menjabat sebagai lurah sejak 2016. Semenjak aktif sebagai lurah, ia aktif mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan bermanfaat.

Cia sapaannya, selalu aktif dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar dan masyarakat binaan khusunya warga Bansir Darat.

Patrisia aktif dalam kegiatan sosial, dengan turut melakukan penghijauan berbaur dengan para mahasiswa dan masyarakat yang tergabung di Gerakan Tani Kelurahan Bansir Darat.

Patrisia Stepania.
Patrisia Stepania. (TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA)

Selain peduli terhadap lingkungan ia juga memiliki semangat dalam memberikan peran terhadap kasus yang sering menimpa di Kalimantan Barat seperti kebakaran lahan atau Krhutla.

Banyak inovasi yang sudah ia lakukan, diantaranya adalah penghijauan, rehab rumah dan sanitasi sehat, motor sampah, pemberdayaan masyarakat kampung KB, dan peduli bencana karhutla.

Patrisia sebelum menjadi lurah pernah bertugas di Kantor gubernur kalbar, BKD Kota Pontianak, Staf sie pemerintahan, bendahara kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota, Kasi pemerintahan kelurahan Sungai Beliung, dan Sekretariat PPS Sungai Beliung.

Ia juga pernah menjabat Sekretaris, plt Lurah Kelurahan Bangka Belitung Laut, Kasi pemerintahan Benua Melayu Laut, Sekretariat PPS BML, Korlap sensus penduduk Pontianak Selatan, Korlap sensus ekonomi , Pengasuh satuan Putri IPDN Kalbar, Kasi pemerintahan Kecamatan Pontianak Selatan hingga akhirnya menjadi Lurah Bansir Darat.

Salah satu inovasi yang ia lakukan selama menjadi lurah yaitu melakukan gerakan menanam satu pohon bagi satu jiwa yang ia gencarkan hingga kini. Inovasi lain yang ia lakukan diantaranya rehab rumah dan sanitasi sehat, motor sampah, pemberdayaan masyarakat kampung KB dan peduli bencana karhutla.

Saat ini Cia juga gencar mensosialisasikan ke masyarakat mengenai pentingnya diam dirumah,  menjaga perilaku hidup bersih sehat,  memperkuat daya tahan tubuh diri sendiri dan keluarga, demi pencegahan wabah COVID 19 di wilayah Kelurahan Bansir Darat. Selain itu kata dia bersama-sama masyarakat menyemprot disinfektan di kantor, posyandu, poskamling, rumah-rumah, rumah ibadah, sekolah dan tempat usaha.

Halaman
1234
Penulis: Maskartini
Editor: Zulkifli
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved