Wabah Virus Corona

Bagaimana Cara Penularan Virus Corona Covid-19 dari Orang Tanpa Gejala (OTG)?

jumlah pasien positif virus corona covid-19 sampai saat ini masih terus bertambah. bahkan saat ini penularan lebih banyak dari otg, bagaimana?

Tribun-Video/Buyung Haryo
Ilustrasi coronavirus covid-19 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Total kasus positif virus corona Covid-19 di Indonesia, hingga Minggu (13/4/2020) tercatat 4.241 kasus. 

Dari jumlah tersebut, diketahui bahwa penularan virus corona Covid-19 di Indonesia paling banyak bersumber dari orang tanpa gejala ( OTG).

Padahal orang yang terinfeksi biasanya menunjukkan beberapa gejala seperti demam, batuk, sulit bernapas, sakit kepala, dan flu.

Selain itu ada pula gejala yang diidap oleh pasien covid-19, yakni anosmia atau kurangnya indra penciuman dan dysgeusia atau kurangnya rasa.

Penularan virus corona Covid-19 tanpa gejala atau asimtomatik terungkap setelah beberapa orang yang dites ternyata mendapatkan hasil positif, tapi sebagian enggak mempunyai gejala apapun.

Penularan Virus Corona Covid-19 di Indonesia Paling Banyak dari Orang Tanpa Gejala

Profesor Kedokteran Pencegahan dan Penyakit Menular di Vanderbilt University Medical Center Dr. William Schaffner menjelaskan tentang penularan asimtomatik.

Menurut Dr. Schaffner, penularan asimtomatik berarti kita bisa terinfeksi virus, enggak memiliki gejala, dan masih menular.

Kepala unit penyakit dan zoonosis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Maria Van Kerkhove mengatakan pihaknya telah menemukan beberapa kasus asimtomatik.

Kasus tersebut benar-benar tanpa gejala.

Satu-satunya cara untuk dapat mengetahui apakah seseorang positif terinfeksi virus corona atau tidak adalah dengan melakukan tes darah di sejumlah besar populasi.

Halaman
123
Editor: Nasaruddin
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved