Human Interest Story

Duta Favorit Pertanian Kalbar Ini Donasikan Hasil Budidaya Tanaman Tabulampot

Alasan ia memilih tanaman dengan metode tabulampot karena ingin mengubah persepsi masyarakat yang sukar terhadap tanam tanaman.

TRIBUN PONTIANAK/ Maudy Asri Gita Utami
foto bersama ibu Yeni dengan tanaman Tabulampot 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Sebagai duta favorit Pertanian Kalbar di tahun 2019, Constanius Putra Bepa ikut membudidayakan tanaman Tabulampot yang kini populer di tengah masyarakat.

Tabulampot merupakan suatu istilah dari tanaman buah dalam pot.

Metode ini merupakan metode budidaya tanaman lahan sempit yang lebih mengoptimalkan penggunaan pot dan tanaman buah-buahan dalam pelaksanaannya.

Alasan ia memilih tanaman dengan metode tabulampot karena ingin mengubah persepsi masyarakat yang sukar terhadap tanam tanaman.

Metode inipun menjadi pilihan yang tepat agar masyarakat perkotaan bisa memiliki tanaman yang hemat tempat.

"Di daerah perkotaan tabulampot menjadi pilihan yang pas, mengapa? Karena, dapat di simpan di halaman atau lahan yang sempit.
Jadi, sangat dianjurkan untuk masyarakat diperkotaan jika ingin menanam tanaman buah baiknya menggunakan metode tabulampot," ujarnya Kamis (2/4/20).

Permudah Siswa, Kemendikbud Luncurkan Sistem Duta Rumah Belajar

Selain itu, tanaman jenis ini juga lebih mudah dalam perawatannya terutama dalam penganggulangan hama dan penyakit, sehingga akan menghasilkan tanaman yang sehat, dan bisa dipindahkan. Juga dapat dinikmati keindahannya. Jika berbuah dapat dijadikan sumber gizi dan vitamin bagi keluarga.

Tidak hanya itu saja, Constanius juga menyumbangkan hasil tanaman yang terjual sebagai bentuk donasi.

Hasil dari tabulampot juga digunakan untuk mendukung usaha Petani yang ada di Kalimantan Barat.

"Saya berharap ketika saya mempromosikan tanaman yang saya ambil dari petani tersebut dapat membantu para petani dalam sistem penjualan tanaman mereka.

Halaman
12
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved