Wabah Virus Corona

CARA Mudah Bikin Hand Sanitizer Penangkal Virus Termasuk Virus Corona Covid-19

Diperlukan waktu setidaknya 60 detik, dan terkadang lebih lama, untuk pembersih tanganagar membunuh sebagian besar kuman.

TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Puji Astuti, Dosen Teknologi Laboratorium Medis Politeknik Aisyiyah Pontianak saat membuat hand sanitizer di Laboratorium Medis Politeknik Aisyiyah Pontianak, Jalan Ampera, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (19/3/2020) siang. Puji menyatakan nantinya pihak kampus akan memproduksi hand sanitizer untuk masyarakat kurang mampu dan sejumlah Puskesmas dalam masa pandemik Covid-19 ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Kebutuhan akan hand sanitizer terus meningkat seirig wabah virus corona atau covid-19 yang belum juga mereda.

Permintaan sangat tinggi sedangkan stok terbatas, membuat masyarakat kesulitan untuk menemukan hand sanitizer di toko atau apotek.

Ternyata ada cara lain yang bisa dilakukan jika mengalami kesulitan mencari hand sanitizer, yakni membuatnya sendiri di rumah.

ILMUWAN Ini Alami Hal Memalukan, Niatnya Ingin Buat Alat Anti Virus Corona, Hasilnya Berujung Petaka

Dilansir healthline.com, berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hand sanitizer:

1. Isopropil atau alkohol gosok dengan volume alkohol 99 persen

2. Gel lidah buaya

3. Minyak esensial, seperti minyak pohon teh atau minyak lavender, atau bisa juga menggunakan jus lemon

Kunci untuk membuat pembersih tangan penghilang kuman yang efektif adalah tetap menggunakan proporsi alkohol 2 dibanding 1 untuk lidah buaya.

Menurut sumber terpercaya CDC, dengan cara ini akan menjaga kandungan alkohol sekitar 60 persen yang merupakan jumlah minimum yang dibutuhkan untuk membunuh sebagian besar kuman.

Cara membuat hand sanitizer gel:

Halaman
1234
Editor: Marlen Sitinjak
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved