Ujian Nasional Ditiadakan, Berikut Sistem Penentu Kelulusan yang Disosialisasikan Disdikbud Kalbar

Sosialisasi yang dilakukan berupa proses penilaian pembelajaran yang nantinya menjadi penentu kelulusan siswa kelas 3 baik SMP

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Kadisdik Kalbar , Suprianus Herman saat ditemui diruang kerjanya, Kamis (18/7/2019) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) provinsi Kalbar telah mensosialisasikan program pembelajaran yang nantinya menjadi pengganti UN sebagai penentu kelulusan.

Sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia mengenai penggantian metode kelulusan siswa melalui Ujian Nasional (UN) menjadi penilaian komprehensif, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalbar sudah mulai mensosialisasikan program tersebut kepada sekolah yang ada di Kalbar.

Sosialisasi yang dilakukan berupa proses penilaian pembelajaran yang nantinya menjadi penentu kelulusan siswa kelas 3 baik SMP maupun SMA/ SMK sebagai bentuk merdeka belajar.

"Penilaian di ambil dari hasil belajar siswa dari semester 1 sampai sementara 5 , baru kemudian diakumulasikan dengan nilai semester 6  yang dijadikan tambahan untuk penilaian apakah siswa bisa dinyatakan lulus atau tidak" ungkap Suprianus Herman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) provinsi Kalbar.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Tunda Pelaksanaan Ujian 2020

Meskipun menggunakan konsep merdeka belajar guru memiliki rambu tersendiri yang menjadi pertimbangan apakah siswa mantinya dapat dinyatakan lulus atau tidak.

Untuk proses penerimaan siswa baru rencananya diadakan seleksi dengan proses online sehingga orang tua tidak perlu repot mengantar anak mendaftar ke sekolah, semua dapat dilakukan secara daring.

"Kami masih berunding lagi untuk sistem penerimaan, tapi kami bersama sekolah berencana melakukan pemerimaan siswa secara online.

Jadi orang tua tidak lagi harus pergi kesekolah, cukup melakukan pendaftaran melalui Gawainya sudah bisa mendaftar" jelasnya. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp

Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

--

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Zulkifli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved