Corona Masuk Indonesia

80% Penderita Covid-19 Hanya Alami Gejala Ringan, Beberapa Kasus Infeksi Virus Corona Tanpa Gejala

Yuri menyatakan bahwa jumlah pasien yang dinyatakan positif virus corona dan mengidap Covid-19 terus bertambah

https://itjen.kemdikbud.go.id/
80 % Penderita Covid-19 Hanya Alami Gejala Ringan, Beberapa Kasus Infeksi Virus Corona Tanpa Gejala / ilustrasi SARS-CoV-2 Penyebab Covid-19 

VIRUS Corona di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan jumlah infeksi, dan belum juga tampak mereda. 

Penyebarannya yang kian masif bahkan kian mengkhawatirkan lantaran gejala awalnya yang nyaris tak terlihat. 

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, 80 persen pasien yang terinfeksi virus corona atau Covid-19 hanya mengalami gejala ringan.

Bahkan, kata dia, pada beberapa kasus ada pasien positif Covid-19 yang tidak merasakan gejala sama sekali. 

LIVE ILC Tv One Edisi Selasa (24/3), Indonesia Lawyers Club Bahas Virus Corona | Covid-19 Melesat

"Tentunya untuk kasus yang dengan keluhan ringan atau tanpa keluhan, ini sebenarnya adalah hampir 80 persen dari kasus positif yang ada secara statistik berada dalam keluhan dalam posisi gejala yang ringan, atau ringan sampai sedang," kata Yuri melalui live streaming BNPB Indonesia, Selasa (24/3/2020), dikutip dari Kompas.com.

Yuri mengatakan, pasien Covid-19 yang memiliki gejala sedang bisa melakukan isolasi diri di rumah sehingga tidak menjadi beban layanan rumah sakit.

Menurut dia, pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit adalah mereka yang tidak mungkin mengisolasi diri di rumah dan membutuhkan monitoring dari tenaga medis.

Berdasarkan hal itu, Yuri mengatakan, kehadiran Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 ini ditujukan sebagai tahap awal untuk mengurangi beban rumah sakit rujukan Covid-19.

"Sehingga pada kasus-kasus dengan kondisi sedang dan berat yang membutuhkan layanan rawatan spesifik dan intensif ini bisa dilaksanakan rumah sakit yang sudah kita tentukan sebagai rumah sakit rujukan Covid-19," kata dia. 

Cara Membedakan Batuk Biasa dengan Gejala Covid-19, Perubahan Kesehatan Bila Terinfeksi Virus Corona

Sebelumnya diberitakan, Yuri menyatakan bahwa jumlah pasien yang dinyatakan positif virus corona dan mengidap Covid-19 terus bertambah.

Halaman
1234
Editor: Ishak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved