Human Interest Story

Bupati Muda Ajak Bersama Cegah Corona, Semprot Disinfektan Tempat-tempat Umum

Seluruh elemen masyarakat dapat terlibat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang dimulai dengan menjaga lingkungan masing-masing

TRIBUNPONTIANAK/SEPTI DWISABRINA
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ade Muzamilul

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak seluruh elemen masyarakat Kubu Raya bersikap proaktif, ikut terlibat dalam upaya pencegahan Covid-19 atau virus corona.

Disampaikan Muda, upaya pencegahan yang dapat dilakukan masyarakat pun bisa dengan semakin memasifkan gerakan menyemprotkan desinfektan di rumah-rumah ibadah di setiap desa dan berbagai sarana umum lainnya.

Hal itu sebagaimana yang telah dilakukan sejumlah komunitas yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kubu Raya, yakni melakukan penyemprotan di sejumlah rumah ibadah dan fasilitas publik di beberapa desa.

“Ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, dimulai dari membuat sendiri bahan desinfektan dengan campuran cairan pembersih bayclin atau wipol dan air dengan komposisi 70:30. Kemudian tinggal disemprotkan melalui alat penyemprot hama seperti yang digunakan oleh petani. Atau juga bisa dengan botol semprotan plastik rumahan,” tutur Muda, Jumat (20/3/2020).

Kadissosnaker Kalbar Terima 144 PMI, yang Sakit Langsung Karantina

Dampak Virus Corona di Pontianak & Kalbar, Pengunjung Ayani Mega Mall Turun Drastis hingga 50 Persen

Menurut Muda, seluruh elemen masyarakat dapat terlibat dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang dimulai dengan menjaga lingkungan masing-masing, terutama di desa-desa yang berpenduduk padat.

Dikatakan orang nomor satu di Kubu Raya itu, penyemprotan desinfektan dapat dilakukan secara berkala dalam beberapa hari, termasuk penyemprotan di masjid-masjid sehingga jemaah tidak khawatir untuk melakukan salat berjemaah.

“Dari hal-hal yang sederhana sekali kita ajak masyarakat membersihkan lingkungan rumah. Terutama menyemprotkan desinfektan pada gagang pintu dan benda-benda yang sering tersentuh tangan. Masyarakat tidak semuanya paham dengan penjelasan dengan bahasa medis. Karena itu kita gerakkan dari sisi yang sifatnya bisa mereka pahami,” terangnya.

Muda juga mengingatkan pentingnya membiasakan mencuci tangan dengan sabun.

Dan kepada instansi-instansi dan rumah-rumah ibadah, ia meminta untuk menyiapkan air dan sabun. Agar setiap orang yang akan beraktivitas di dalamnya dipastikan dalam keadaan bersih.

Halaman
12
Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved